BPBD Bantul waspadai banjir luapan sungai

id Banjir luapan

BPBD Bantul waspadai banjir luapan sungai

Ilustrasi banjir akibat luapan sungai (antaranews.com)

Bantul (Antaranews Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mewaspadai banjir genangan karena luapan sungai yang mengalir di daerah ini meski wilayahnya belum turun hujan pada musim hujan 2018.
     
"Yang banjir juga perlu diwaspadai, karena beberapa kali kejadian meski Bantul tidak hujan, atau hujan namun tidak ekstrim, tetapi utara hujan deras dampaknya sampai ke Bantul," kata Kepala Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto di Bantul, Kamis. 
     
Menurut dia, hampir semua sungai-sungai besar yang mengalir ke Bantul berhulu dari wilayah utara atau Kabupaten Sleman, sehingga ketika daerah utara DIY diguyur hujan deras, maka aliran sungai ke selatan juga bertambah debitnya. 
       
Begitu juga, kata dia, jika di wilayah Kota Yogyakarta mengalami hujan deras, sungai yang mengalir ke Bantul berpotensi meluap karena ketinggian air makin naik. Beberapa sungai yang mengalir ke Bantul diantaranya Sungai Bedog, Sungai Code dan Sungai Winongo.
     
"Elevasi sungai naiknya cukup tinggi, bahkan di Sungai Bedog beberapa waktu lalu sudah ada kampung yang tergenang pekarangan rumahnya, mulai dari Tirtonirmolo (Kasihan) sampai ke Pajangan sempat meluap sampai ke pekarangan rumah," katanya.
     
Padahal, kata dia, saat banjir genangan tersebut wilayah Bantul belum hujan, kalaupun hujan masih bersifat normal."Itu baru utara hujan, itu pun di ujung (wilayah Sleman), bukan di kota dan sudah menyebabkan beberapa ruas air yang meluap.
     
Oleh sebab itu, kata dia, kondisi wilayah Bantul yang berada di hilir atau berpotensi tergenang banjir luapan sungai, harus menjadi kebiasaan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai bisa memahami kondisi dan bisa memberikan informasi terkait kejadian. 
     
"Kami imbau terutama masyarakat yang tinggal di dekat bantaran sungai waspadai kemungkinan luapan-luapan air sungai karena tidak dapat menampung debit air yang cukup besar. Kalau meluap biasa tidak apa-apa, tapi kalau meluap cukup banyak bisa sampai rumah dan itu harus diantisipasi," katanya.
     
Menurut dia, upaya-upaya maupun langkah yang perlu dilakukan masyarakat di bantaran sungai ketika melihat tanda-tanda sungai meluap, bisa melakukan evakuasi sendiri dan berlindung ke lokasi yang lebih tinggi.