Gunung Kidul targetkan 344.000 wisatawan pada libur Natal

id Pantai baron,Libur natal

Gunung Kidul targetkan 344.000 wisatawan pada libur Natal

Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul dipadati pengunjung (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan 344 ribu wisatawan berkunjung di destinasi wisata selama libur Natal dan Tahun Baru 2019.
     
Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan untuk libur natal dan akhir tahun yang dihitung pada 22 Desember sampai 1 Januari 2019, Dinas Pariwisata menargetkan 344 ribu kunjungan wisata.
     
"Kami optimistis target kunjungan wisata libur natal dan tahun baru akan terlampaui," katanya.
     
Dia mengatakan untuk akhir tahun, pihaknya tidak menyiapkan atraksi wisata. Hal ini karena tidak adanya anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018 oleh Gubernur DIY. "Tidak ada agenda di akhir tahun," katanya.
     
Hary mengatakan sampai saat ini total ada sekitar 2,7 juta wisatawan yang berkunjung ke Gunun Kidul selama 2018. Jauh dibawah target yang ditetapkan yakni Rp3,5 juta orang selama 2018. Pendapatan Asli Daerah (PAD) pariwisata sampai dengan saat ini masih belum mencapai target.
     
"Dari target Rp28,2 miliar per 7 Desember 2018 baru mencapai Rp22,1 miliar," katanya.
     
Sementara Kepala Dinas Pariwisata Asti Wijayanti mengatakan pihaknya memaksimalkan promosi melalui media sosial (medsos) dan bekerja sama dengan pihak lain.
     
"Promosi kita melalui media sosial, untuk memperkenalkan destinasi wisata. Selain itu memaksimalkan kemampuan yang ada," katanya.
     
Ia berhawap cuaca mendukung saat akhir tahun sehingga target kunjungan wisatawan bisa tercapai.
   
 "Kami berharap wisatawan bisa datang ke destinasi wisata asaat liburan akhir tahun," katanya.