TPID DIY pastikan stok pangan aman menjelang akhir tahun

id kebutuhan pokok

TPID DIY pastikan stok pangan aman menjelang akhir tahun

Pedagang kebutuhan pokok di pasar tradisional. (Foto ANTARA/Mamiek)

Bantul (Antaranews Jogja) - Tim Pengendali Inflasi Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan stok pangan yang tersedia di pasar wilayah Kabupaten Bantul aman menghadapi libur panjang jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.
    
"Secara umum hasil pantauan hari ini terkait dengan stok, distribusi ini sementara aman khususnya untuk beberapa komoditas pangan yang dihasilkan Bantul sendiri," kata Anggota TPID DIY Sugeng Purwanto usai pantauan harga pangan di Pasar Imogiri Bantul, Selasa.
    
TPID DIY yang terdiri dari unsur Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dan Pemda Bantul serta perwakilan dari Bank Indonesia (BI) Yogyakarta tersebut memantau stok, distribusi dan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Imogiri Bantul.
    
Menurut dia, hasil pantauan di pasar, untuk bawang merah, cabai rawit merah dan rawit hijau, telur ayam serta daging ayam dalam kondisi aman dan mencukupi kebutuhan permintaan konsumen menghadapi libur akhir tahun.
    
"Stoknya aman, aman itu manakala ada permintaan sampai dengan saat ini itu distriusi lancar ketersediaan ada," kata Sugeng yang juga sebagai Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda DIY itu.
    
Namun demikian, kata dia, berdasarkan pantauan tersebut, didapati sejumlah kebutuhan pokok harganya mengalami kenaikan, tetapi rata-rata kenaikan tidak terlalu signifikan dan masih dalam batas kewajaran.
    
"Harga memang kami temukan sudah terjadi kenaikan, tapi kenaikan tidak signifikan artinya dalam kisaran antara Rp200 sampai Rp2.000 per kilogramnya. Masih relatif pada pisisi kenaikan yang wajar," katanya.
    
"Kalau kenaikan (harga) agak tinggi itu telur ayam dan daging ayam, telur dari Rp25 ribu sekarang rata-rata Rp28 ribu per kg, daging ayam lokal biasanya Rp60 ribu sempat mencapai angka Rp80 ribu per kg," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar