Bandara Adisutjipto tambah 30 penerbangan setiap hari hadapi Natal

id Bandara Adisutjipto

Bandara Adisutjipto tambah 30 penerbangan setiap hari hadapi Natal

Penumpang menuju ke pesawat di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/18.

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menambah 30 penerbangan setiap hari mengantisipasi lonjakan penumpangan selama libur Natal dan Tahun Baru 2019.
   
General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Kamis, mengatakan mulai hari ini, 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 membuka posko  Natal dan Tahun Baru 2019.
   
 "Penambahan maskapai penerbangan ada 30 perbangan perhari dari tujuh maskapai yang ada penambahan penerbangannya mulai 20 Desember sampai 6 Januari," kata Agus disela-sela meninjau percepatan pembangunan Bandara NYIA Kulon Progo.
     
Ia mengatakan penambahan penerbangan ini untuk rute ke Jakarta baik Bandara Sukarno-Hatta dan Halim, Makasar,  Balikpapan. Kalau prediksi peningkatakan jumlah penumpang 8,2 persen pada H-2 sebelum Natal 2018 atau 23 Desember.
     
"Jumlah penumpang mencapai puncaknya 28.000 orang. Kemudian arus balik ke Yogyakarta pada 1 Januari 2019 dengan peningkatan jumlah penumpang hampir sama, yakni 8,2 persen," kata Pandu.
     
Agus mengatakan jumlah penumpang mengalami peningkatan 20 persen dari jumlah penumpang harian sekitar 23.000 orang per hari.
     
Ia pastikan penambahan jumlah penerbangan ini sudah diperhitungkan karena mulai 20 Desember ini tidak ada penerbangan militer libur sampai tahun baru. Sehingga slot ini digunakan untuk penambahan penerbangan, dan penerbangan dapat dilayani dari 05.00 WIB sampai 00.00 WIB.
     
"Saat ini ada 180 penerbangan per hari, ditambang 30 perbangan, jadi ada 210 perbangan setiap harinya. Yang tidak menambah perbangan hanya Silk Air karena penerbangan internasional," katanya.