PMI memberi penghargaan 86 sukarelawan di DIY

id PMI,sukarelawan

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menyerahkan penghargaan kepada pendonor darah sukarela (DDS) 75 kali asal Gunung Kidul Untung Subagyo di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (20/12). (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 86 orang sukarelawan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdiri atas pendonor darah sukarela, korps sukarela, dan tenaga sukarela menerima penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) DIY di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Kamis.
    
Penghargaan  yang diberikan dalam rangka memperingati Ulang Tahun PMI ke-73 tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X dan Ketua PMI DIY Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo.
    
"Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap relawan yang telah mengabdikan dirinya dengan tulus dan ikhlas untuk kemanusiaan," kata Prabukusumo.
    
Menurut Prabukusumo, relawan PMI adalah pribadi yang secara sukarela mendukung dan melaksanakan kegiatan Kepalangmerahan sesuai Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
    
"Mereka merupakan garda terdepan kegiatan Palang Merah Indonesia, melayani sesama dengan penuh dedikasi, bahkan dalam situasi yang sulit dan terkadang membahayakan diri mereka sendiri," kata dia.
     
Ia mengatakan berdonor darah secara sukarela adalah ekspresi kasih sayang sesama manusia seutuhnya, karena darah yang didonorkan disampaikan kepada orang-orang yang benar membutuhkan tanpa melihat nama, usia, suku, ras, agama, status ekonomi sosial atau politik.
     
"Begitu pun sebaliknya, mereka yang terselematkan oleh darah kita tidak mengetahui darah itu berasal dari siapa. Berdonor darah itu adalah mulia karena tidak kenal batas," kata dia.
     
Sebanyak 86 relawan penerima penghargaan berupa pigam dan pin itu terdiri atas Pendonor Darah Sukarela (DDS) 75 kali sebanyak 15 orang, DDS 50 kali 56 orang, 3 orang mantan pengurus PMI DIY, 5 orang pengurus PMI DIY, Korps Sukarela (KSR) sejumlah 4 orang, serta Tenaga Sukarela (TSR) 3 orang.
     
Pada saat yang sama juga dilakukan penyerahan rompi PMI kepada 78 Kecamatan se-DIY yang dilakukan secara simbolis kepada perwakilan 6 Camat sebagai Pelindung PMI dan 6 orang Ketua PMI Kecamatan. Dalam kesempatan itu, relawan PMI unjuk keterampilan simulasi pertolongan pertama.   


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar