Sleman berhasil susun tujuh buku statistik

id pemkab sleman

Sleman berhasil susun tujuh buku statistik

Kantor Pemda Kabupaten Sleman (Foto ANTARA/ags) (Foto ANTARA/ags/)


Sleman (Antaranews Jogja) - Dinas Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil melakukan penyusunan Buku Indeks Williamson dan buku statistik Kabupaten Sleman.
     
"Setidaknya ada tujuh buku statistik yang berhasil disusun dan diolah Dinas Kominfo Sleman," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Sleman Noor Hidayati Zakiyah Pramulani di Sleman, Sabtu.
     
Menurut dia, buku tersebut adalah Buku Indeks Williamson, Buku Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2017, Buku Indeks Pembangunan Gender Tahun 2017, Buku Indeks Gini Tahun 2017, Buku ICOR Tahun 2017, Buku Indeks Nilai Tukar Petani Tahun 2018, dan Buku Inflasi Tahun 2018.
     
"Ada kesimpulan data dari setiap buku tersebut, contohnya dalam Buku Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2017 terdapat kesimpulan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sleman tahun 2017 menduduki urutan ke-2 di DIY," katanya.
     
Ia mengatakan, dalam Buku Indeks Nilai Tukar Petani Tahun 2018, angka Nilai Tukar Petani (NTP) masih di atas 100.
     
"Artinya perkembangan harga produksi pertanian masih di atas harga kebutuhan pokok dan harga biaya produksi. Hal ini berarti petani masih surplus," katanya.
     
Noor Hidayati mengatakan, dalam penyusunan ketujuh buku ini, Dinas Kominfo Sleman dibantu oleh berbagai pihak.
     
"Selain buku Indeks Williamson, penyusunan buku statistik bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman. Sedangkan Buku Indeks Williamson dilaksanakan dengan narasumber dari akademisi" katanya.
     
Ia mengatakan, dengan dibantu pihak yang berwenang, pihaknya optimistis bahwa data-data yang dihimpun ini akan menjadi hal yang penting dalam pengambilan kebijakan khususnya untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan. 
     
Asisten Bidang Administrasi Umum Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman Arif Haryono mengatakan data-data dari buku-buku ini nantinya bisa dijadikan bahan acuan perencanaan dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Sleman.
     

"Selain sebagai bahan perencanaan dan evaluasi, Arif mengatakan data-data dari buku statistik ini juga dapat digunakan untuk laporan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SPID)," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024