Polres Kulon Progo sterilisasi lima gereja

id Sterilisasi gereja

Polres Kulon Progo sterilisasi lima gereja

Ilustrasi (Foto Antara)

     Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan Satuan Brigade Bermobil Polda DIY akan melakukan sterilisasi lima gereja di wilayah ini untuk memberikan jaminan keamanan bagi jamaat menjalankan ibadah Natal 2018.
     Kepala Kepolisian Resor Kulon Progo AKBP Anggara Nasution di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan sebanyak lima gereja akan disterilisasi untuk menjamin keamanan ibadah Natal di Kulon Progo.
     "Sebanyak gereja ini merupakan gereja yang memiliki lebih dari 1.000 jemaat. Sterilisasi akan dilakukan bekerja sama dengan Sat Brimobda Polda DIY pada Minggu (23/12)," kata Anggara.
     Adapun lima gereja yang akan dilakukan sterilisasi, yakni Gereja Santa Theresia Lisieux Boro (Kalibawang), Gereja Maria Perawan Tak Bercela (Nanggulan), Gereja Materdai Kentheng (Sentolo), Gereja Kristen Jawa (Wates) dan Gereja Bunda Penasihat Baik (Wates).
      "Kami mengedepankan pengamanan dari pihak gereja, karena mereka yang lebih paham dengan jemaat mereka. Kalau ada yang mencurigakan, tinggal berkoordinasi dengan kami," ucapnya.
     Selain itu, kata Anggara, pihaknya akan mengalakukan pengamanan di tempat wisata juga perlu dilakukan penjagaan. Polres Kulon Progo mendirikan pos pelayanan di Terminal Wates, Pantai Glagah dan Kalibiru.
     "Berdasarkan data polres, Pantai Glagah dan Kalibiru menerupakan objek wisata yang paling banyak dikunjungi wisawatan. Sehingga, kami perlu menempatkan personel guna membantu mengatur lalu lintas," katanya.
     Wakil Bupati Kulon Prog Sutedjo berharap pengamanan yang dilakukan oleh aparat, menargetkan fokus pada pengamanan tempat ibadah Natal.
     "Kami berharap perayaan Natal 2018 berjalan lancar dan aman. Jemaat dapat beribah dengan damai," harapnya.
     Sutedjo juga berpesan kepada wisatawan dan siapapun yang berkunjung ke objek wisata, untuk tidak membuang sampah sembarangan. "Mari kita jaga kebersihan objek wisata supaya bersih dan enak dipandang," imbaunya.