Bupati Bantul pantau kesiapan pospam Natal dan Tahun Baru

id Bupati pantau

Bupati Bantul Suharsono memantau Pos pengamanan Natal dan Tahun Baru (Foto Antara/Istimewa)

Bantul (Antaranews Jogja) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Suharsono bersama jajaran forum komunikasi pimpinan daerah memantau kesiapan Pos Pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang didirikan di wilayah kabupaten setempat.
     
"Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pengamanan agar pelaksanaan Natal dan Tahun Baru di wilayah Bantul berjalan dengan aman dan lancar," kata Bupati disela memantau Pos Pengamanan (Pospam) di Bantul, Senin.
       
Sejumlah Pospam yang dikunjungi Bupati Bantul seperti Pos Parangtritis wilayah TPR (tempat pemungutan retribusi) Parangtritis, Pos Gereja Ganjuran Bambanglipuro, Pos Gereja Klodran Bantul, dan Pos Gereja St. Theresia Gubug Sedayu.
       
Sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah daerah (Pemda) Bantul yang ikut rombongan Bupati diantaranya Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul dan perwakilan Satuan Polisi Pamong Praja. 
     
"Mari kita bareng-bareng menciptakan lingkungan yang kondusif selama libur Natal dan Tahun Baru agar Bantul semakin diminati wisatawan," harap Bupati.
     
Sementara itu, Kepolisian Resor Bantul (Kapolres) Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan sebelumnya mengatakan menerjunkan sebanyak 829 personel polisi dalam Operasi Lilin Progo 2018 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru di Bantul. 
     
"Terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru ini kita melibatkan sebanyak 1.200 personel lebih dan khusus dari anggota Polri sebanyak 829 personel. Jadi kita juga dibantu dari aparat TNI sebagai mitra kepolisian, Dishub serta organisasi masyarakats," katanya. 
     
Kapolres mengatakan, semebtara saat perayaan Natal tersebut ada sebanyak 59 gereja di seluruh wilayah Bantul yang akan mendapatkan pengamanan aparat gabungan.
     
Namun demikian, kata dia, ada lima gereja besar yang akan mendapat prioritas pengamanan dari personel polisi, yakni Gereja di Pringgolayan Banguntapan, Gereja di Klodran Bantul, Gereja di Ganjuran Bambanglipuro, Gereja di Tamantirto Kasihan dan Gereja di Argosari Sedayu.
     
"Lima gereja ini mendapat prioritas pengamanan karena jemaatnya banyak. Kita akan minta bantuan tim Jibom Brimob DIY untuk pengecekan. Gereja gereja kecil juga tetap kita lakukan pengamanan tapi gereja besar itu menjadi fokus kita," katanya.***2***
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar