Jumlah wisatawan di pantai Gunung Kidul turun

id pantai gunungkidul

Jumlah wisatawan di pantai Gunung Kidul turun

Relawan memantau ombak di Pantai Drini, Tepus, Gunungkidul, DI Yogyakarta. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/18.

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Jumlah kunjungan wisatawan di objek wisata pantai di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalami penurunan karena dampak terjadinya tsunami di wilayah Banten dan Lampung," kata Kepala Dinas Pariwisata Asti Wijayanti.
     
Asti di Gunung Kidul, Senin, mengatakan jumlah kunjungan wisatawan dalam dua hari terakhir berjumlah 53 ribu wisatawan.
     
"Dari pengamatan kami di lapangan, jumlah wisatawan pada Senin (24/12) mengalami penurunan dibanding dengan hari kemarin. Dapat dilihat dari masih lancarnya pelayanan di pos retribusi dari pagi sampai sore,” kata Asti.
   
Dia mengatakan turunnya jumlah wisatawan merupakan dampak dari tsunami di kawasan Selat Sunda beberapa waktu kemarin. Menurutnya, wisatawan menjadi khawatir akan terjadinya bencana serupa di kawasan pantai.
   
"Banyak wisatawan yang khawatir, dan bertanya kepada petugas retribusi tentang kemungkinan terjadinya tsunami juga di pantai Gunung Kidul,” terang dia.
   
Asti mengatakan, penyebab lain turunnya wisatawan lantaran jadwal hari libur yang belum serentak. "Sehingga untuk masyarakat masih belum bisa menikmanti hari liburnya," katanya.
     
Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul Marjono mengatakan pihaknya dalam posisi siaga menghadapi momen liburan akhir tahun ini. Sebanyak 57 personel disebar di sejumlah kawasan pantai.
     
Ia berharap wisatawan dapat mematuhi segala imbauan yang diberikan. "Utamakan keselamatan, patuhi aba-aba petugas dan tetap selalu waspada," imbaunya.