Harga bawang dan cabai di Bantul naik

id Kebutuhan pokok

Pedagang menjual kebutuhan pokok dan aneka sayuran di Pasar Sentul, Kota Yogyakarta. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Bantul (Antaranews Jogja) - Harga bawang merah dan cabai di tingkat pedagang tradisional Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada pekan yang bertepatan dengan libur Natal dan Tahun Baru mengalami kenaikan dibanding beberapa pekan sebelumnya.
     
"Dari hasil pemantauan harga kebutuhan pokok di beberapa pasar besar menjelang Natal dan Tahun Baru ini terjadi kenaikan pada beberapa komoditas diantaranya bawang merah dan cabai," kata Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanta Hadi di Bantul, Selasa. 
     
Menurut dia, harga bawang merah pekan ini pada kisaran Rp24.400 per kilogram, sementara pekan sebelumnya pada kisaran Rp23.400 per kilogram, sementara cabai merah naik dari Rp17.400 menjadi Rp19.000 per kilogram, dan cabai rawit naik dari Rp19.900 menjadi Rp22.300 per kilogram.
     
Harga komoditas pangan strategis itu, lanjut dia, yang terpantau petugas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di beberapa pasar tipe A yaitu Pasar Niten, Pasar Bantul, Pasar Imogiri dan Piyungan. Namun kenaikan harga itu dinilai masih wajar. 
     
"Kenaikan masih dalam batas wajar, karena tidak terlalu signifikan. Itu (kenaikan harga) karena kebutuhan masyarakat meningkat saat liburan juga libur anak sekolah, banyak warga luar daerah masuk Bantul, kalau tidak ada event naiknya tidak seberapa," katanya. 
     
Selain bawang merah dan cabai, beberapa komoditas lain seperti bawang putih, gula pasir dan telur ayam ras juga mengalami kenaikan harga, tetapi tidak terlalu signifikan, dan selisihnya kurang dari Rp1.000 per kilogram.
     
Subiyanta mengatakan, meski harga naik akibat permintaan bertambah, namun ketersediaan bahan pokok tersebut di wilayah Bantul mencukupi kebutuhan. Seperti bawang merah stoknya sebanyak 3.225 kilogram, kemudian cabai merah sebanyak 2.240 kilogram.
     
"Ketersediaan bahan kebutuhan pokok dinyatakan pada kondisi aman, meskipun ada kenaikan harga di beberapa komoditas pangan," katanya. 
     
Ia mengatakan, sedangkan harga kebutuhan pokok yang masih relatif stabil seperti beras IR 1 pada kisaran Rp10.300 per kilogram, kemudian minyak goreng pada kisaran Rp12.000 per kg dan tepung terigu stabil kisaran Rp7.000 per kg.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar