Gunung Kidul pastikan wisata pantai aman dikunjungi wisatawan

id Wisata pantai,Gunung Kidul

Gunung Kidul pastikan wisata pantai aman dikunjungi wisatawan

Objek wisata Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dipadati pengunjung. (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan wisatawan yang akan berkunjung ke wisata pantai aman, asal mengikuti arahan petugas lapangan seperti SAR dan petugas lainnya. 
     
"Objek wisata pantai aman dikunjungi asal mematuhi arahan petugas SAR ataupun petugas lainnya," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Kamis.
   
Ia berharap kepada masyarakat agar tidak mudah percaya berita yang tidak jelas sumbernya, dan selalu mengkroscek terlebih dahulu berita yang diterima.
     
"Jangan sampai isu menyebabkan wisatawan resah dan enggan berwisata di pantai Gunung Kidul," katanya.
     
Hary mengatakan kondisi gelombang pantai selatan masih landai. Sehingga, wisatawan tidak perlu resah yang akan berwisata pantai.
     
"Info dari BMKG selama tiga hari kedepan tidak ada gelombang pasang," katanya.
     
Dia mengatakan bila masyarakat ragu berkunjung ke pantai selatan Gunung Kidul, pihaknya menyarankan kepada pengunjung untuk berwisata di wilayah utara Gunung Kidul. Seperti di Gunung Kidul bagian utara ada objek wisata seperti Gunung Gentong, Gunung Gambar, Gunung, flying fox, Ngelanggeran Hutan Wonosari.
     
"Di sisi utara masih banyak lokasi wisata non pantai," katanya.
     
Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Baron Marjono mengatakan saat ini gelombang masih sangat landai dan merupakan waktu yang tepat untuk berwisata di pantai.
   
"Jangan mudah percaya berita yang tersebar di media sosial, saat ini gelombang di pantai selatan landai dan sangat cocok untuk wisata, saat ini gelombang masih di bawah 8 feet," kata Marjono.