Polres Bantul adakan patroli saat perayaan tahun baru

id Polres Bantul

Mapolres Bantul (Foto Antara)

     Bantul (Antaranews Jogja) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan melakukan patroli atau keliling di wilayah hukum kabupaten setempat guna mengamankan situasi dan kondisi saat perayaan Tahun Baru 2019.
     "Saat Tahun Baru masyarakat pasti akan melakukan liburan baik itu keluar kota atau sekedar berlibur, kita sudah sampaikan kepada petugas polres maupun polsek (kepolisian sektor) untuk melakukan patroli," kata Kepala Polres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan di Bantul, Minggu. 
       Menurut dia, saat perayaan malam pergantian tahun hingga Tahun Baru mayoritas masyarakat akan melakukan liburan sekaligus merayakan momen setahun sekali itu, sehingga patroli polisi dilakukan agar rumah yang ditinggal tetap aman.
       Patroli polisi, kata dia, dilakukan dengan bekerja sama dengan tokoh masyarakat setempat maupun organisasi kemasyarakatan (ormas) setempat yang memang mengetahui kondisi lingkungan tinggal mereka. 
     "Khususnya (patroli) di jam rawan dan kita kerja sama dengan ketua RT (rukun tetangga) setempat, dengan ormas yang ada di kampung, kemudian kalau ada dengan satpam perumahan," katanya.
     "Kami kedepankan untuk sama-sama menjaga misalnya ada yang berlibur ke luar kota ini disampaikan bisa ke polsek, sehingga kita bisa memonitor rumah yang ditinggal masyarakat yang melaksanakan liburan," katanya.
     Sementara itu, Kapolres Bantul mengatakan, pihaknya telah memetakan sebanyak 22 titik di wilayah Bantul yang akan menjadi pusat keramaian atau konsentrasi massa pada malam pergantian tahun dari 2018 ke 2019.
     "Kemudian untuk di malam tahun baru ada sebanyak 22 titik yang akan menjadi pusat keramaian dari masyarakat Bantul," katanya.
     Menurut dia, sejumlah lokasi yang akan menjadi pusat konsentrasi massa itu diantaranya di objek-objek wisata seperti Pantai Parangtritis, kemudian lapangan Paseban depan Rumah Dinas Bupati dan kawasan Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul. 
     "Kemudian objek-objek wisata itu juga akan menjadi pusat pengamanan kita," kata Kapolres.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar