Polres Gunung Kidul rekayasa lalu lintas di Alun-alun

id polres gunung kidul

Mapolres Gunung Kidul (Foto Antara/Mawarrudin/ags/14)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Kepolisian Resor Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan rekayasa arus lalu lintas menuju objek wisata dan Alun-Alun Wonosari mulai 17.00 WIB untuk mengantisipasi kepadatan saat malam pergantian tahun jalan.
     
Kasat Lantas Polres Gunung Kidul AKP Mega Tetuko di Gunung Kidul, Senin, mengatakan, rekayasa arus lalu lintas sendiri mulai diberlakukan sekitar 17.00 WIB sore  dan di sejumlah titik juga akan ditutup untuk sementara untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan.
     
"Jalan dari arah selatan, utara, barat dan timur yang menuju arah Alun-alun Wonosari akan kami tutup sementara dan kami berlakukan pengalihan jalur,” kata Mega.
     
Dia mengatakan arus lalu lintas dari arah Yogyakarta menuju Alun-alun kota Wonosari akan dialihkan ke utara melalui Simpang Tiga Pendowo melewati Jalan Ksatrian. Hal tersebut, lantaran sepanjang Jalan KH Agus Salim nantinya akan digunakan sebagai kantong parkir.
     
Kemudian dari jalur Semanu menuju Alun-alun akan dialihakan ke selatan menuju Jalan Baron melalui Simpang Tiga Besole. Nantinya, kendaraan bisa melewati simpang empat Tegalsari.
     
"Jalur utama Kota Wonosari saat menjelang malam pergantian tahun steril bagi kendaraan," katanga.
     
Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi Dinas Perhubungan (Dishub) Gunung Kidul Bayu Aji mengungkapkan terus berkoordinasi dengan Satlantas Polres Gunung Kidul. Dishub sudah menyiapkan beberapa barikade untuk pengalihan serta koordinasi terkait kantong-kantong parkir. Selain itu personel Dishub juga ditugaskan untuk pengamanan dan pengaturan lalu lintas.
     
"Malam tahun baru ada dua konsentrasi yang menjadi perhatian. Pertama Alun-alun Wonosari dan perbatasan Gunungkidul yaitu di sekitar Patuk,” ujar Bayu.
     
Pihaknya telah menyiapkan beberapa jalur alternatif beberapa diantaranya adalah Jalan Getas, Playen-Mangunan, kemudian Getas-Cinomati, dan Nglanggeran-Jembatan Sembada Handayani. Dikatakannya petunjuk arah menuju jalur alternatif sudah disiapkan. 
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar