Basarnas Yogyakarta bantu pengamanan wisata Pantai Selatan

id Basarnas Yogyakarta

Basarnas Yogyakarta bantu pengamanan wisata Pantai Selatan

Personel Basarnas Yogyakarta amankan objek wisata pantai selatan Yogyakarta (Foto Istimewa)

Bantul, (Antaranews Jogja) - Badan SAR Nasional Yogyakarta telah membantu pengamanan di objek wisata khususnya pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta mulai dari wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo selama libur panjang akhir tahun 2018.
   
 "Dalam rangkaian siaga Natal dan Tahun Baru 2019 Basarnas Yogyakarta melaksanakan pengamanan di obyek wisata DIY khususnya pantai, mengingat destinasi favorit di Yogyakarta itu wisata pantai," kata Humas Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto di Bantul, Selasa.
     
Menurut dia, sebagian personel Basarnas melaksanakan pengamanan di Pantai Parangtritis dan Parangkusumo Kabupaten Bantul bersama Ditpolair (Direktorat Polisi Air) Kepolisian Daerah (Polda) DIY, SAR Linmas wilayah III dan potensi SAR lainnya.
   
 Sedangkan Pos Unit siaga Basarnas Gunung Kidul melaksanakan patroli 'mobile 'dari Pantai Sadeng sampai Pantai Baron dan untuk Pos unit Siaga Basarnas Congot melaksanakan patroli dari Pantai Trisik sampai wisata mangrove pasir mendit Kulon Progo.
     
Selain itu, kata dia, Basarnas Yogyakarta juga melaksanakan koordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti aparat TNI, Polri dan SAR Linmas serta potensi SAR lainnya dalam mengoptimalkan pengamanan dan pengawasan di kawasan wisata. 
     
"Dan liburan Natal dan Tahun Baru kali ini tergolong aman dan kondusif, meskipun  ada beberapa kejadian wisatawan terseret ombak di wilayah Pantai Parangtritis, namun tidak ada korban jiwa," katanya.
     
Namun demikian, pihaknya tetap mengimbau bagi wisatawan yang berwisata ke pantai selatan tetap menaati peraturan yang sudah terpasang di sepanjang pantai selatan dan mengikuti arahan petugas SAR yang berjaga di sepanjang pantai.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar