ACT DIY bangun sumur wakaf untuk warga Dusun Bangkan Gunung Kidul

id ACT DIY,sumur wakaf

ACT DIY bangun sumur wakaf untuk warga Dusun Bangkan Gunung Kidul

Global Wakaf-ACT DIY menjadikan awal tahun 2019 sebagai penanda dimulainya pembangunan sumur wakaf di Dusun Bangkan, Desa Jatiayu, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul.  (Foto Antara/ACT DIY )

Gunung Kidul (Antaranews Jogja)  –  Global Wakaf-ACT DIY, Rabu, membangun sumur wakaf di Dusun Bangkan, Desa Jatiayu, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,.untuk membantu masyarakat setempat dari ancaman kekeringan tahunan.

Meski sudah memasuki musim hujan dan debit air di sumur galian di daerah itu sudah mulai terisi, pembangunan sumur wakaf di area rawan kekeringan terus digenjot.

“Sumur yang dibangun saat ini merupakan sumur wakaf ke-17 di wilayah DIY untuk menyuplai kebutuhan air bersih warga, membantu pengairan sawah, dan membantu kebutuhan air untuk ibadah Masjid Al Hidayah yang baru saja selesai dibangun," kata Koordinator Program ACT DIY, Kharis Pradana.

Sementara itu Takmir Masjid Al Hidayah, Risdi menyampaikan rasa syukur atas pembangunan sumur wakaf untuk keperluan ibadah masjid ini. "Masyarakat sangat terbantu dengan adanya sumur di masjid ini karena belum ada sumur di dekat masjid, jadi untuk keperluan masjid biasanya airnya masih mengambil di sumur warga," katanya.

Saat musim kemarau, Dusun Bangkan memang tergolong riskan, karena menurut cerita warga sekitar saat kemarau 2018 saat sebagian besar sumur mengering, maka masyarakat harus mengambil air dari dusun sekitar yang ada sumur bornya.

“Dulu itu ada, kita sempat membeli air dari truk tangki, pas mau sampai truknya tergelincir akibat jalan di daerah ini terjal dan curam, setelah itu warga tidak berani beli dari truk lagi,” kata Ketua Dukuh Dusun Bangkan, Agus Wibowo sambil menceritakan kondisi dusunnya ketika kesulitan memperoleh air untuk kebutuhan sehari-hari.

Sumur yang dibangun sejak Rabu (2/1) ini diperkirakan akan selesai pengeboran dalam sepekan dengan kedalaman kurang lebih 70 meter dan diperlukan satu pekan lagi untuk pemasangan pipa, mesin pompa, water torn, pemasangan pipa ke masjid, dan warga Dusun Bangkan.

“Target kami pada tahun 2019 Global Wakaf-ACT DIY akan membangun 20 sumur di titik-titik rawan kekeringan serta menjadikan desa yang  mendapat bantuan pembuatan sumur wakaf  menjadi desa pemberdayaan,' kata kharis.