Bulan dana PMI Bantul 2018 naik Rp150 juta

id PMI Bantul

Serah Terima Bulan Dana PMI Bantul 2018 (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA News Jogja) - Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) yang dikumpulkan dari semua instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Tahun 2018 mengalami kenaikan sebesar Rp150 juta dibanding Bulan Dana PMI 2017.

"Bulan dana PMI dari tahun ke tahun selalu meningkat, Tahun 2017 terkumpul sebesar Rp538 juta, sementara Tahun 2018 sebesar Rp688 juta, jadi ada kenaikan sebesar Rp150 juta atau naik 21 persen," kata Ketua PMI Bantul Wirmon Samawi dalam Serah Terima Bulan Dana PMI di Bantul, Kamis.

Peningkatan Bulan Dana PMI itu, menurut dia, menunjukkan bahwa atensi masyarakat Bantul dalam membantu urusan kemanusiaan baik untuk warga Bantul maupun warga secara luas semakin meningkat.

Wirmon mengatakan, Dana PMI tersebut akan digunakan untuk kepentingan masalah kemanusiaan baik untuk masyarakat Bantul maupun untuk masyarakat Indonesia yang baru terkena musibah, bencana alam ataupun yang membutuhkan bantuan.

"Seperti yang kami sumbangkan kepada korban gempa di Lombok NTB beberapa waktu lalu disalurkan sebesar Rp136 juta, untuk korban tsunami Palu sebesar Rp111 juta yang beberapa diantaranya berupa kambing dan perahu nelayan," katanya.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono dalam sambutannya mengatakan bahwa penanganan masalah-masalah sosial harus mendapat perhatian serius, selain itu merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat, pemerintah dan lembaga PMI.

Untuk itu, kata Bupati, eksistensi lembaga PMI sangat dibutuhkan dalam penyelesaian masalah-masalah sosial tersebut.

"Keberhasilan Bulan Dana PMI Kabupaten Bantul merupakan hasil kerja keras dari semua pihak yang telah melakukan kerja secara profesional," katanya.

Ada tiga organisasi perangkat daerah (OPD) pengumpul terbanyak dana PMI yaitu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Bantul sebesar Rp155 juta, kemudian dinas pariwisata sebesar Rp73,2 juta dan Balai Pendidikan Menengah sebesar Rp60,9 juta.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan reward kepada OPD pengumpul dana PMI paling banyak dan hadiah berupa sepuluh sepeda gunung kepada sepuluh pendonor darah terpilih pada Bulan Dana PMI Tahun 2018.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar