Rupiah Jumat sore menguat jadi Rp14.045 per dolar AS

id rupiah

Rupiah Jumat sore menguat jadi Rp14.045 per dolar AS

rupiah mnguat atas dolar AS. (foto antaranews.com)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Pada JUmat sore kurs  rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakartai menguat sebesar 10 poin ke posisi Rp14.045 dibandingkan sebelumnya Rp14.055 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra di Jakarta, Jumat mengatakan dolar AS masih terbebani oleh sikap The Fed yang diekspektasikan mengambil langkah tidak terburu-buru dalam menaikan suku bunganya.

"Dolar AS melemah akibat kebijakan Federal Reserve (the Fed) yang 'dovish' pada tahun ini," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga menyampaikan kesuksesan dalam negosiasi perdagangannya dengan China.

"Membaiknya hubungan dagang kedua itu mendorong minat pasar terhadap aset beresiko berlanjut dan menopang mata uang rupiah," katanya.

Analis Senior CSA Research Institue Reza Priyambada menambahkan hasil perundingan perdagangan antara Amerika Serikat dan China yang positif memberi harapan bagi perekonomian dunia, termasuk Indonesia.

"Kesepakatan dagang akan berimbas pada membaiknya perekonomian global, termasuk Indonesia, investor akan melirik Indonesia karena memiliki fundamental yang baik," katanya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada hari ini (11/1), tercatat mata uang rupiah menguat menjadi Rp14.076 dibanding sebelumnya (10/1) di posisi Rp14.093 per dolar AS.