PSW UGM tingkatkan kemampuan mahasiswi dalam kepemimpinan

id ugm

Ilustrasi mahasiswi UGM (Foto Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pusat Studi Wanita (PSW) Universitas Gadjah Mada (UGM) berupaya meningkatkan kemampuan mahasiswi dalam kepemimpinan dan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan.
     "Kami bertekad untuk mencetak calon pemimpin dari kalangan perempuan, salah satunya dengan secara rutin menggelar pelatihan pengembangan kapasitas kepemimpinan dan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi yang diikuti para mahasiswi UGM," kata peneliti PSW UGM Soeprapto di Yogyakarta, Jumat.
     Ia mengatakan, program pelatihan kapasitas perempuan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswi UGM dalam kepemimpinan sekaligus menguasai teknologi informasi dan komunikasi.
     "Kami ingin meningkatkan kapasitas perempuan dalam aspek kepemimpinan dan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan tersebut," katanya.
     Menurut dia, peserta yang mengikuti pelatihan itu sebelumnya telah mengikuti proses seleksi dari kemampuan penguasaan bahasa asing hingga komitmen untuk mengikuti proses pelatihan hingga selesai.
     "Kegiatan itu diharapkan bisa mencetak calon pemimpin perempuan di masyarakat. Para peserta selanjutnya akan diseleksi lagi untuk mengikuti pelatihan lanjutan di Korea Selatan yang diikuti beberapa peserta dari negara di kawasan Asia Tenggara," katanya.
     Manajer program pelatihan itu Myonghee KIM dari Sookmyung Women's University, Korsel, menyampaikan apresiasi kepada UGM yang telah memberikan dukungan dan kerja samanya dalam pengembangan kapasitas kepemimpinan mahasiswi.
     "Saya berharap selepas pelatihan tersebut para peserta bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan kampus dan di masyarakat. Saya percaya banyak manfaat yang dirasakan oleh peserta selama mereka berkolaborasi satu sama lain," katanya.
     Direktur Pengabdian kepada Masyarakat UGM Irfan Priyambada mengatakan pelatihan kepemimpinan untuk kelompok perempuan tersebut diharapkan bisa mendorong lahirnya calon pemimpin perempuan Indonesia di masa depan.
     "UGM memiliki komitmen untuk melakukan pemberdayaan perempuan Indonesia dengan didirikannya PSW UGM pada 1991," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar