Sleman gelar lokakarya implementasi "Smart City" menuju Industri 4.0

id Sleman

Sleman gelar lokakarya implementasi "Smart City"  menuju Industri 4.0

Kabupaten Sleman D.I.Yogyakarta (Foto ANTARA/ags)

Sleman (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta  kembali menunjukkan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan PT Cisco Indonesia menggelar "Workshop" Implementasi "Smart City" Menuju Industri 4.0, Selasa.
     
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman Eka Suryo Prihantoro mengatakan bahwa pemerintah daerah sebagai regulator harus mampu mendorong terwujudnya 'smartcity' di daerahnya.
     
"Masing-masing pemerintah daerah tidak perlu berkompetisi dalam mewujudkan 'smartcity'. Pemerintah daerah itu tidak bersaing tapi bersinergi dan berkolaborasi jadi maju dan memanfaatkan sumber daya yang kita miliki bersama sehingga pengembangan 'smartcity' itu bisa lebih cepat," katanya.
     
Ia mengatakan, masyarakat Kabupaten Sleman telah siap menerima konsep kabupaten/kota cerdas ini akan tetapi sosialisasi yang lebih masif masih perlu dijalankan.
     
"Salah satu contohnya di Sleman itu sekarang bayar pajak sudah tidak pakai uang tapi 'cashless', bahkan bayar retribusi di pasar tradisional pun sudah 'tapping' kartu, ada petugas yang membawa 'EDC' keliling," katanya.
     
Menurut dia, keuntungan dari penerapan sistem ini adalah dalam proses pemantauan, kepala daerah secara cepat bisa mendapat data terkait capaian pajak.
     
Sementara itu, Lio Lie Hin, perwakilan dari PT Cisco Indonesia menyampaikan bahwa dalam penerapan "smartcity" perlu berkolaborasi dan memanfaatkan teknologi secara tepat.
     
"Kita perlu mempertimbangkan teknologi yang dipilih, harus sesuai atau in line dengan yang dibutuhkan," katanya.
   
Ia berharap, ke depan bisa terus memberikan kontribusi, saran, dan nasehat untuk pengembangan smartcity di Yogyakarta, khususnya di Sleman.
     
Dalam kegiatan tersebut, hadir sejumlah perwakilan dari Dinas Kominfo Kota Salatiga, Kota Magelang, Kota Surakarta, Jawa Tengah dan perwakilan dari Dinas Kominfo se-DIY.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024