Rektor: UIN Yogyakarta bertanggung jawab kembangkan keislaman terbuka

id uin sunan kalijaga

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Yudian Wahyudi PhD. (Foto istimewa) (Foto istimewa/)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Yudian Wahyudi mengatakan universitas yang dipimpinnya memiliki tanggung jawab besar untuk mengembangkan keislaman yang terbuka.
   
 "Tanggung jawab itu hendaknya dimotori oleh semua pejabat yang ada di lingkungan UIN Sunan Kalijaga," kata Yudian dalam keterangan tertulis yang diterima di Yogyakarta, Rabu.
     
Pada pelantikan lima pejabat eselon IV UIN Sunan Kalijaga, Yudian mengatakan Islam yang terbuka adalah Islam yang memijakkan setiap pemikiran tidak hanya pada Al Quran dan hadis, tetapi juga mengembangkan keilmuan secara terbuka.
     
"Itu artinya, mengimplementasikan Al Quran dan hadis secara kontekstual. Jadi siapa pun yang berpikiran maju, terbuka terhadap pengembangan keilmuan itu artinya telah mengimplementasikan Al Quran dan hadis secara kontekstual, apa pun latar belakang agamanya," kata dia.
     
Oleh karena itu, UIN Sunan Kalijaga sebagai bagian dari Islam tidak boleh terjebak dalam mengimplementasikan ayat-ayat Al Quran dan hadis secara tekstual, yang akan mengakibatkan pemikiran umat Islam tertinggal jauh dari peradaban.
   
 "Keislaman di kampus UIN Sunan Kalijaga harus berani mengembangkan keilmuan secara terbuka, termasuk berani berkompetisi. Hal itu juga harus tercermin dalam budaya akademik di kampus UIN Sunan Kalijaga," katanya.
     
Menurut dia, tidak ada kekuasaan termasuk jabatan yang bisa diperoleh tanpa terlebih dahulu memenangi "perang tanding" secara profesional. Semua itu harus dibiasakan dalam budaya akademik di kampus UIN Sunan Kalijaga.
     
"Setiap pejabat UIN Sunan Kalijaga harus bisa memegang amanah dan mempertanggungjawabkan jabatannya, baik kepada institusi maupun Allah SWT," kata Yudian.
     
Lima pejabat eselon IV UIN Sunan Kalijaga yang dilantik antara lain Siti Asfiah sebagai Kepala Subbagian Layanan Akademik pada Bagian Akademik, Silviana Dewi Setyasari (Kepala Subbagian Evaluasi dan Pelaporan Program dan Anggaran pada Bagian perencanaan).
     
Selanjutnya, Ratna Windah Lestari (Kepala Subbagian Pelaksanaan Anggaran dan Perbendaharaan Bagian Keuangan dan Akuntansi), Radiman (Kepala Subbagian Perlengkapan dan Transportasi Bagian Rumah Tangga), dan Erie Susanti (Kepala Subbagian Tata Usaha Pascasarjana).
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar