Pemkot Yogyakarta beri penghargaan atlet peraih medali Asian Games

id Asian Games,penghargaan,yogyakarta,Asian Para Games

Pemkot Yogyakarta beri penghargaan atlet peraih medali Asian Games

Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan penghargaan kepada sejumlah atlet dan pelatih asal Kota Yogyakarta yang berprestasi yang meraih medali pada Asian Games dan Asian Para Games 2018 (Foto Antara/Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan penghargaan khusus kepada atlet dan pelatih warga Kota Yogyakarta yang berhasil meraih medali pada ajang pesta olahraga Asia, Asian Games, dan Asian Para Games 2018.
   
“Jika dilihat dari nilainya, maka penghargaan ini tidak seberapa. Namun, tujuan dari pemberian penghargaan ini adalah memotivasi atlet dan pelatih untuk meraih prestasi lebih baik lagi di masa yang akan datang,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi usai menyerahkan penghargaan di Yogyakarta, Kamis.
   
Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan penghargaan berupa uang pembinaan dengan total nilai Rp78 juta kepada tiga atlet dan empat pelatih yang mampu meraih medali atau mengantarkan anak asuhnya meraih medali pada ajang Asian Games dan Asian Para Games 2018.
   
Atlet dan pelatih berprestasi yang memperoleh penghargaan adalah Ade Candra Rahmawan dari cabang voli pantai yang meraih medai perak, Gilang Ramadhan dari voli pantai yang meraih medali perunggu dan pelatih mereka Koko Prasetyo Darkuncoro.
   
Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada pelatih panjat tebing dari Kota Yogyakarta Cally Setiawan dan Sulthoni Sulaiman yang mampu mengantarkan anak asuhnya meraih medali emas di nomor “women speed relay”.
   
Sedangkan untuk Asian Para Games 2018, Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan penghargaan kepada Gayuh Satrio yang turun di cabang olah raga catur dan meraih tiga medali yaitu emas di nomor beregu cepat, perak di nomor perorangan catur cepat dan perunggu di nomor beregu klasik.
   
Bimo Triadi Wijaya yang juga bertindak sebagai pelatih catur yang mengantarkan Gayuh meraih prestasi gemilang juga memperoleh penghargaan.
   
“Harapannya, para atlet yang meraih prestasi internasional ini bisa menjadi model bagaimana prestasi dihasilkan dari kesungguhan berlatih dan berusaha,” kata Heroe.
   
Pemberian penghargaan berupa uang pembinaan tersebut rutin dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta setiap kali atlet dari kota tersebut meraih prestasi di pesta olah raga tingkat Asia, atau saat SEA Games, PON bahkan usai tampil di Porda.
   
Sementara itu, Gayuh yang meraih tiga medali Asian Para Games 2018 mengatakan penghargaan ini semakin menambah semangatnya untuk berlatih dan meraih lebih banyak prestasi.
   
“Yang pasti, harus tetap semangat berlatih untuk meraih prestasi. Pesannya, tidak boleh patah semangat meski saya memiliki kekurangan,” kata Gayuh yang mengalami low vision.
   
Sementara itu, pelatih panjat tebing Cally Setiawan mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemerintah Kota Yogyakarta terhadap atlet dan pelatih yang mampu meraih medali pada Asian Games dan Asian Para Games 2018.
   
“Penghargaan ini menunjukkan kepedulian pemerintah daerah. Bukan masalah nilai material yang kami peroleh, tetapi penghargaan ini menunjukkan bagaimana pemerintah daerah menghargai prestasi yang diraih atlet dari daerahnya,” katanya.
   
Ia pun menyebut jika prestasi yang diperoleh di Asian Games bisa mencerminkan prestasi atlet di tingkat Kota Yogyakarta. “Seluruh pihak harus terpacu untuk terus berusaha semaksimal mungkin mengembangkan olah raga prestasi di Yogyakarta,” katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar