Sleman selenggarakan Forum Konsultasi Publik jaring aspirasi

id Konsultasi publik

Sleman selenggarakan Forum Konsultasi Publik jaring aspirasi

Pemerintah Kabupaten Sleman menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik 2019. (Foto Antara/Humas Sleman)

Sleman (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik 2019 untuk menghimpun aspirasi atau harapan pemangku kepentingan terhadap tema dan prioritas pembangunan 2020, Senin.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Sumadi di Sleman, Senin, mengatakan tema pembangunan Sleman 2020, yaitu "Memantapkan Potensi Ekonomi Lokal Daerah Menuju Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat Sleman yang Berbudaya".

Menurut dia, forum konsultasi publik tersebut momentum strategis untuk mengomunikasikan dan mengoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan, khususnya dalam penetapan prioritas pembangunan pada 2020.

"Untuk mewujudkan tema tersebut kita masih di hadapkan pada tiga kendala, yaitu kemiskinan, daya saing ekonomi lokal, dan ketimpangan wilayah. Walaupun dalam data statistik sementara kita, angka kemiskinan di Kabupaten Sleman sedikit menurun. Jika kemiskinan pada 2017 sebesar 8,13 persen, pada 2018 menurun menjadi 7,65 persen," katanya.

Ia mengatakan dalam kegiatan itu para pemangku kepentingan diundang untuk duduk bersama menyusun rencana kerja yang pendekatannya berfokus pada pemanfaatan dan optimalisasi sumber daya kompetensi daerah dalam menggerakkan perekonomian daerah.

Hal tersebut, untuk mengatasi persoalan kemiskinan, pengangguran, dan penciptaan pembangunan berkelanjutan.

"Saya harap melalui forum konsultasi publik ini dapat menjadi wadah bertukar pikiran bagi kita untuk mengurai kendala-kendala yang kita hadapi pada 2018," katanya.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Sleman Kunto Riyadi mengatakan hasil kegiatan itu akan dipergunakan dalam penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sleman pada 2020.

"Agar rancangan awal baik, maka harus kita konsultasikan pada masyarakat atau publik agar mendapat masukan supaya rancangan tersebut mendekati sempurna. Rancangan awal tersebut kemudian menjadi rancangan RKPD yang menjadi acuan perencanaan di musrenbang," katanya.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024