Pokdarwis Gunung Kidul giatkan promosi potensi wisata

id Wisata alam

Pokdarwis Gunung Kidul giatkan promosi potensi wisata

Pengunjung berselfie di areal wisata Taman Bunga Jalur Jogja Lintas Selatan (JJLS). Yogyakarta. Wisata taman bunga yang dikelola swadaya oleh masyarakat sejak satu tahun terakhir itu menjadi salah satu destinasi wisata alam di Yogyakarta yang banyak dikunjungi oleh wisatawan khusunya pemburu foto selfie. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/18.

Gunung Kidul  (Antaranews Indonesia Jogja) - Kelompok sadar wisata Desa Giring, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggiatkan promosi menggunakan media sosial seiring munculnya destinasi wisata baru mulai alam dan religi untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.
     
Sekretaris Pokdarwis Jaka Tarub Desa Giring, Sapto Pranowo di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan pihaknya kini terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait rencana pengembangan objek wisata di Desa Giring untuk mendapatkan informasi terkait langkah yang seharusnya dilakukan.
   
"Kami melakukan komunikasi dengan pemerintah desa, kemudian dalam waktu dekat juga akan melakukan komunikasi dengan Dinas Pariwisata,” katanya.
     
Dia mengatakan saat ini, pokdarwis melakukan pemetaan terhadap sejumlah potensi wilayah yang ada. Menurutnya, Desa Giring mempunyai ciri khas yang berbeda dari desa lain karena kental dengan sejarah dan budayanya.
     
"Di Giring ini erat kaitannya dengan wisata religi, mulai dari keberadaan Gua Maria Tritis, kemudian Petilasan Gunung Bagus, Kali Gowang maupun Sendang Pitutur. Kami sedang berfikir bagaimana mengemas potensi yang ada agar menarik bagi orang banyak nantinya,” ujar Sapto.
     
Disinggung dengan pengelolaan Bukit Jagung atau Bukit teletubbies, ia enggan berkomentar banyak. Sebab, saat ini lokasi tersebut merupakan tanah milik kehutanan dan untuk pengelolaannya belum dapat difikirkan.
   
"Untuk Bukit teletubies, sementara hanya parkir yang dikelola, itu pun oleh karang taruna dari dua padukuhan,” kata dia.
     Sementara itu, Kepala Desa Giring Joko Tirto Wibowo mengatakan bahwa pihak desa mendukung penuh langkah pokdarwis dalam mengembangkan pariwisata di Desa Giring. Menurut Joko, dengan berkembangnya pariwisata, nantinya akan sangat memicu berputarnya roda perekonomian masyarakat. Pihaknya juga akan ikut membantu semaksimal mungkin dalam pengembangan kawasan wisata di Desa Giring.
   
"Nanti malam saya diundang menghadiri rapat bersama Pokdarwis. Kami sebisa mungkin akan memberikan dukungan terkait dengan pengelolaan kawasan wisata di Desa Giring," katanya.