KPU Sleman targetkan partisipasi pemilih Pemilu 2019 meningkat

id Pemilih pemilu

KPU Sleman targetkan partisipasi pemilih Pemilu 2019 meningkat

Pemilih pemula Pemilu 2019 (Foto Antara)

Sleman, (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mentargetkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019 meningkat.

"Partisipasi masyarakat Sleman Pemilu 2014 mencapai 81 persen, angka ini lebih tinggi dari partisipasi nasional yang hanya mencapai angka 75 persen," kata Ketua KPU Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi di Sleman, Minggu.
     
Menurut dia, pada ajang pesta demokrasi 2019 ini, KPU Kabupaten Sleman mentargetkan tingkat partisipasi masyarakat lebih tinggi dari tahun 2014.
     
"Terutama di daerah yang termasuk dalam wilayah perkotaan, kami harapkan partisipasi masyarakat dapat meningkat dibanding pemilu sebelumnya," katanya.

Ia mengatakan, Ketua KPU Sleman, wilayah perkotaan seperti Kecamatan Depok pada Pemilu 2014 tingkat partisipasi masyarakat paling rendah.
     
"Pada Pemilu 2014 partisipasi masyarakat di Kecamatan Depok hanya 73 persen, lebih rendah dari nasional," katanya.
     
Trapsi mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan Depok menjadi kecamatan dengan tingkat partisipasi rendah.
     
"Mobilitas penduduk yang sangat tinggi, contohnya. Sehingga malah ketika waktu pemilihan masyarakat justeru ada aktivitas lain," katanya.
     
Ia mengatakan, secara sosiologis dan tingkat kepatuhan masyarakat perkotaan rendah. Ditambah faktor ketidakpercayaan terhadap calon pemimpin.
     
"Masyarakat kota cenderung lebih rasional, termasuk dalam memberikan suara pada pemilu," katanya.***2***
 
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2024