KPU Gunung Kidul kukuhkan 55 relawan demokrasi

id kpu gunung kidul

KPU Gunung Kidul kukuhkan 55 relawan demokrasi

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Foto Mamik/ANTARA)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengukuhkan 55 Relawan Demokrasi sekaligus dilakukan pembekalan terkait bimbingan teknis peningkatan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019.
     
Ketua KPU Gunung Kidul Ahmadi Ruslan Hani di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan ada 55 Relawan Demokrasi(Relasi) langsung diberikan pembekalan terkait beberapa hal seperti daftar pemilih, dan pentingnya masyarakat harus aktif dalam setiap tahapan pemilu.
     
"Adanya Relawan Demokrasi, diharapkan dapat menguatkan KPU dalam menyukseskan Pemilihan Umum pada 17 April 2019 mendatang. Relasi harus netral, dan tidak boleh memihak parpol," kata Hani.
   
Ia mengatakan pihaknya berrharap relawan demokrasi bisa mensosialisasikan terkait pemilu. "Diharapkan bisa mendorong partisipasi pemilih," katanya.
     
Kelompok relawan yang dibutuhkan di antaranya dari basis keagamaan, pemilih pemula, disabilitas, pemuda, keluarga, perempuan, kelompok marjinal, komunitas hingga pegiat sosial media. Kepada para kandidat yang terpilih, nantinya akan mendapatkan gaji sebesar Rp750.000 per bulannya.
     
"Uang tersebut merupakan uang transportasi para Relasi dalam melaksanakan kegiatan operasional hariannya," katanya.
     
Sementara itu, Komisioner KPU Gunungk Kidul Supami menambahkan target dari pembentukan Relasi adalah untuk meningkatkan tingkat partisipasi pemilih pada hajatan Pemilihan Umum 2019 mendatang.
     
"Namun, tak hanya sekedar sosialisasi saja, namun tugas Relasi sendiri nantinya juga akan ikut melakukan pemantauan," katanya.