Sultan resmikan penggunaan kampus Akademi Komunitas Seni Budaya Yogyakarta (video)

id Gubernur dan Menristekdikti

Gubernur DIY dan Menristekdikti menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian kampus Akademi Komunitas Seni Budaya Yogyakarta (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan penggunaan gedung Kampus Akademi Komunitas Seni dan Budaya Yogyakarta yang terdapat di Jalan Parangtritis, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DIY.

Peresmian ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta oleh Gubernur bersama Menristekdikti Mohamad Nasir di pendopo kampus itu, Sabtu.

"Kedua dokumen itu dimaksudkan untuk penyediaan aset, pembinaan dan pengembangan akademi, dimana Kemenristekdikti akan membantu merekrut staf pengajar dan instruktur yang diperlukan untuk meningkatkan mutu lulusan akademi ini," kata Sultan.

Sedangkan tujuan jangka panjang, kata Sultan, adalah mengakselerasi tercapainya visi pendirian akademi yakni "Menjadi Lembaga pendidikan komunitas sebagai pusat pengembangan seni yang unggul, handal dan bermartabat berbasis budaya lokal dan berwawasan global.

"Tujuan jangka pendeknya agar membantu alumninya memiliki sertifikat kompetensi sesuai bidang keahliannya, sehingga lebih mudah memasuki pasar kerja, baik nasional maupun intrnasional, terutama bagi seniman yang akan bersolo karir di luar negeri," katanya.

Sultan menjelaskan, sesuai visinya tersebut, maka materi perkulihannya hendaknya difokuskan untuk membuka ruang kreativitas yang luas, serta menciptakan kebebasan yang berwawasan, tingkah laku yang tak terbebankan.

"Juga pikiran yang merdeka dan kemampuan menerobos batas horizon yang tercipta oleh situasi masa kini melalui 'think out of the box'. Bahkan mungkin bisa melewati lintas batas estetis dan progresif yang menjadi ciri-wanci kesenian," kata Gubernur DIY.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, untuk mendukung penyelenggaraan Akademi Komunitas Negeri Seni Budaya Yogyakarta itu, Pemda telah menyiapkan bangunan kampus di atas tanah milik Pemda DIY seluas 10.941 meter persegi.

"Yang dibangun secara bertahap sejak 2014 sampai 2018 yang meliputi ruang kuliah, ruang praktek, studio rekam, ruang dosen, ruang rapat, ruang aula dan sarana perkuliahan lainnya yang bersumber dana dari APBD DIY dan Dana Keistimewaan DIY," katanya.

Selain peresmian gedung Akademi Komunitas Negeri juga dilaksanakan Wisuda Tahun Akademik 2017/2018 bersamaan dengan Penerimaan Mahasiswa baru tahun 2018/2019 untuk program studi seni tari, seni kriya kulit dan seni karawitan.

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar