Ribuan orang berwisata di Taman Bendungan Kamijoro (video)

id Bendungan Kamijoro

Ribuan orang berwisata di Taman Bendungan  Kamijoro (video)

Taman Bendungan Kamijoro di Kabupaten Kulon Progo, DIY. (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Ribuan orang  dari berbagai wilayah berwisata menikmati Taman Bendungan Kamijoro di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang baru selesai di bangun Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak.
     
Penasihat Karang Tanura Dusun Kaliwiru Sugeng Lono Raharjo di Kulon Progo, Senin, mengatakan Bendungan Kamijoro dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak sejak Desember 2016.
     
Awalnya, Bendungan Kamijoro ini ditargetkan selesai pada akhir 2019, namun sejak pertengahan Januari 2019, proyek tersebut sudah selesai dibangun. Proyek ini nilainya di atas Rp217 miliar.
   
Bendungan Kamijoro dibangun untuk memenuhi kebutuhan air irigasi di Kecamatan Sanden dan Pandak Kabupaten Bantul, dan sumber air PAM untuk mensuplai kebutuhan air bersih Bandara NYIA.
   
"Bendungan Kamijoro dan taman ini belum diserahterimakan dan diresmikan, namun ribuan  masyarakat sudah berdatangan untuk melihatnya," kata dia.    
Ia mengatakan pada Sabtu (2/2) dan Minggu (3/2), jumlah pengunjungnya lebih dari 10.000 pengunjung dari pagi hingga malam hari. Antusiasme warga melihat Bendungan Kamijoro sangat tinggi karena bagus untuk berfoto-foto atau sekedar menikmati aliran Sungai Progo dan matahari terbit dan tenggelam.
     
"Karang Taruna Kaliwiru yang mengelola parkir. Jumlah pengunjungnya sangat tinggi," katanya.
   
Lono mengatakan awalnya Taman Bendung Kamijoro ini merupakalan lahan rumput milik warga seluas 7 hektare. Ia berharap setelah Bendungan Kamijoro setelah diserahterimakan ke pemerintah daerah, taman Bendungan Kamijoro  dikelola masyarakat.
     
"Kami berharap nanti  Taman Bendung Kamijoro dikelola olah masyarakat sebagai tempat wisata untuk  meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar bendungan," harapnya.
     
Salah satu pengunjung dari Kecamatan Lendah Ratih Anjarwani mengatakan dirinya mendapat informasi Taman Bendungan Kamijoro dari media sosial yang sedang hangat menjadi perbincangan.
   
"Saya dapat informasi dari media sosial. Foto-foto yang di media sosial sangat bagus. Kemudian saya ke sini bersama teman-teman," katanya.
     
Ia mengatakan tanan Bendungan Kamijoro sangat bagus, namun sayang belum disediakan kamar mandi. Selain itu, perlu ditambah tempat ibadah.
     
"Bendungan Kamijoro dan tamannya sudah bagus. Hanya saja perlu ditambah fasilitas umum dan wahana permainnya," harapnya.