Minions akan selektif pilih turnamen

id Kevin/Marcus, ganda putra, minions

Minions akan selektif pilih turnamen

Arsip. Ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukomuljo menunjukkan medali seusai mengalahkan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan pada pertandingan final Daihatsu Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/1/2019). Pasangan Marcus/Kevin menjuarai Indonesia Master setelah menang dengan skor 21-17 dan 21-11. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Ganda putra unggulan Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang akrab disapa Minions akan selektif mengikuti kejuaraan dan turnamen internasional seperti dinyatakan Pelatnas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia. 

"Pemain setingkat Kevin/Marcus memang harus selektif memilih turnamen. Kami harus bisa menjaga kondisi mereka karena mereka tentu akan menjadi sasaran bagi lawan-lawan untuk dikalahkan," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti di pelatnas Cipayung, Jakarta, Senin.

Minions, lanjut Susy, akan fokus pada All England, Kejuaraan Dunia, Piala Sudirman, turnamen BWF Tour Finals, dan kejuaraan-kejuaraan besar lainnya.

"Kami ingin penampilan puncak Kevin/Marcus pada Olimpiade. Kami tidak akan mengirimkan mereka ke berbagai turnamen karena akan mempengaruhi aspek nonteknisnya," katanya.

Peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 itu mengatakan alasan pengaturan kejuaraan bagi Minions menyusul peringkat pasangan atlet putra itu pada satu dunia.

"Jika mereka terlalu banyak mengikuti turnamen, mereka akan menghadapi masa jenuh. Kami menjaga  kondisi dan motivasi mereka.

Kejuaraan All England 2019 menjadi salah satu turnamen penting bagi Kevin/Marcus setelah meraih gelar juara pada 2017 dan 2018 di Birmingham.

Minions meraih gelar juara All England 2017 dengan mengalahkan ganda China Li Junhui/Liu Yuchen 21-19, 21-14. Sedangkan pada 2018, Kevin/Marcus menaklukkan ganda Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen 21-18, 21-17 guna memetik gelar juara.