Hujan deras di Bantul sebabkan dua pohon tumbang

id BPBD Bantul

Kantor BPBD Bantul (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan hujan deras yang mengguyur wilayah ini pada Jumat (8/2) pagi menyebabkan dua pohon tumbang karena tidak kuat menahan beban.
     
"Hujan deras tadi pagi menyebabkan dua pohon tumbang di Jetis, yaitu di Cembing Desa Trimulyo dan Kembang Songo Trimulyo, hanya dua (pohon) itu, " kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto di Bantul, Jumat. 
     
Menurut dia, dua pohon tumbang tersebut dilaporkan terjadi pada pukul 05.45 WIB dan pukul 08.00 WIB, dugaan kuat pohon tumbang karena akar tidak kuat, hal itu terlihat karena akar pohon itu sampai tercabut dari tanah. 
       
Namun demikian, kata dia, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, karena robohnya pohon yang terdapat di pinggir jalan kampung tersebut saat kejadian tidak ada orang yang sedang melintas di bawahnya. 
     
"Tidak ada korban, hanya (badan pohon) melintang di jalan, kebetulan jalan kampung. Sempat menganggu lalu lintas jalan tersebut (setelah kejadian), namun bisa segera diatasi (dievakuasi)," katanya. 
     
Dwi menjelaskan, kejadian pohon tumbang itu bukan karena umur pohon yang sudah tua, melainkan pohon yang berdiemater kurang dari 50 centimeter itu tumbang juga karena kondisi tanah yang lunak tidak keras. 
     
"Untuk kejadian yang lain karena dampak hujan tadi pagi seperti banjir, Alhamdulillah tidak ada, semua masih aman, selain kejadian dua pohon tumbang tersebut," kata Dwi.
       
Sebagai antisipasi pohon tumbang, BPBD juga mengimbau agar masyarakat mengurangi ranting atau dahan pohon yang sudah rindang, atau setidaknya menjauhi pohon perindang apabila terjadi hujan lebat disertai angin.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar