Bupati Bantul serahkan SK Pengangkatan CPNS 552 orang (VIDEO)

id Penyerahan SK CPNS

Bupati Bantul Suharsono saat pemaparan acara penyerahan SK Pengangkatan CPNS Formasi 2018 (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul, (Antaranews Jogja) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Suharsono menyerahkan surat pengangkatan calon pegawai negeri sipil kepada sebanyak 552 orang yang dinyatakan lolos seleksi CPNS Formasi 2018 di lingkungan pemerintah kabupaten setempat.
     
"SK CPNS merupakan komitmen CPNS terhadap pemerintah untuk bekerja dengan baik sesuai kompetensi dan tanggung jawab masing-masing. Untuk itu saya harap saudara dapat bekerja seoptimal mungkin agar nantinya lahir pekerja-pekerja kreatif," kata Bupati disela penyerahan SK di Bantul, Senin. 
       
Menurut dia, pekerjaan sebagai PNS yang merupakan pilihan saudara-saudara sendiri hendaknya dimaknai sebagai sebuah cita-cita luhur untuk menjadi seorang aparatur publik yanh baik demi melaksanakan tugas yang dibebankan negara.
     
"Menjadi pelayan publik bukanlah hal mudah, hal itu bukan sekadar mampu menjalankan tugas sesuai dengan job description saja. Karena sebagai generasi baru saya harap saudara lebih kritis dan bertanggung jawab, selain itu hendaklah selalu berinovasi," katanya. 
     
Bupati juga berpesan, agar bisa menjadi aparatur yang tangguh sebagai pengayom masyarakat, jangan pernah melibatkan diri dalam tindak pidana, termasuk di dalam penggunaan maupun perantara peredaran narkoba, karena konsekuensinya akan berimbas pada status CPNS dan keluarga.
     
"Saya harap, saudara bisa menjadi pegawai profesional dan senantiasa menjunjung tinggi prestasi dalam berkarya, saudara harus dapat menjiwai dan senantiasa memegang karakteristik seorang profesional," katanya. 
     
"Karakteristik profesional sejati adalah bangga dengan profesinya dan mampu menunjukkan komitmen yang tinggi dengan kualitas, tanggung jawab dan penuh inisiatif, sehingga dapat memberikan yang terbaik kepada pemerintah kabupaten Bantul," katanya. 
       
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Bantul Danu Suswaryanta mengatakan, 552 orang penerima SK pengangkatan CPNS itu dari sisi kelompok jabatan meliputi 340 tenaga pendidikan, 157 tenaga kesehatan dan 55 tenaga teknis.
     
Sedangkan jika dilihat berdasarkan jenis formasi, kata dia terdiri formasi dari umum sebanyak 532 orang, dari cumlaude (lulusan terbaik) 13 orang, disabilitas empat orang dan formasi dari honorer kategori 2 (K-2) berjumlah tiga orang. 
       
"Masa percobaan sebagai CPNS dilaksanakan selama satu tahun. Dan dalam rangka membangun integritas moral, kejujuran, semangat nasionalisme dan kebangsaan serta memperkuat profesionalisme dan kompetensi, semua CPNS diwajibkan mengikuti orientasi dan pelatihan dasar," katanya.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar