Bantul gencarkan konsep pembangunan sektor perekonomian berbasis UMKM

id Bupati Bantul

Bupati Bantul Suharsono (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus menggencarkan konsep pembangunan sektor perekonomian berbasis usaha mikro kecil dan menengah dalam rangka peningkatan ekonomi kerakyatan di daerah ini.

"Konsep pembangunan sektor perekonomian berbasis UMKM terus kita gencarkan di pelosok wilayah Bantul," kata Bupati Bantul Suharsono dalam Workshop Peningkatan Wawasan dan Informasi tentang Kebijakan Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Pemkab Bantul bagi Kalangan Pers di Bantul, Senin.

Menurut Bupati, dengan konsep pembangunan sektor perekonomian berbasis usaha masyarakat tersebut diyakini akan lebih tahan banting ketika krisis ekonomi mengguncang.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah daerah (pemda) melalui organisai perangkat daerah (OPD) teknis tidak hanya sekadar melakukan instruksi, tetapi juga pendampingan, pemberdayaan hingga penguatan dari sektor permodalan dengan menggandeng lembaga pembiayaan. 

"Potensi di Bantul untuk dikembangkan sebagai pusatnya pertumbuhan UMKM memang sangat terbuka," kata Bupati.

Bahkan, lanjut Bupati, kerajinan asli Bantul yang sudah menguasai pasar ekspor diantaranya, batik, kerajinan keramik dan kerajinan kulit. Oleh karena itu pemkab mendorong agar semua kerajinan tersebut tumbuh menjadi kekuatan ekonomi.

Bupati mengatakan, pembangunan tidak akan berjalan lancar jika tidak diiringi juga dengan peningkatan ekonomi kerakyatan, artinya ekonomi kerakyatan juga harus menjadi skala prioritas bagi pembangunan di Kabupaten Bantul.

"Oleh karena itu, setiap desa di Bantul dan juga warga masyarakat kita harapkan akfif berkomunikasi dengan pemerintah daerah terkait potensi lokal yang ada yang bisa dikembangkan," katanya.

Bupati juga mengharapkan, kepada para insan pers agar bisa memberitakan informasi yang dapat membangkitkan kepercayaan investor di Bantul, sehingga membuka peluang bagi terserapnya tenaga kerja yang berimbas bagi meningkatnya pendapatan masyarakat.

"Saya juga berharap ke depan pers akan lebih kreatif dan hebat, serta banyak bermunculan para wartawan yang inspiratif, sehingga bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Bantul," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar