CPNS Bantul mulai melaksanakan tugas 20 Februari

id CPNS Bantul

CPNS Bantul mulai melaksanakan tugas 20 Februari

552 CPNS Pemkab Bantul menerima SK pengangkatan (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi 2018 yang baru saja menerima Surat Keputusan Pengangkatan mulai melaksanakan tugas 20 Februari 2019.

"Hari ini kita serahkan SK pengangkatan CPNS yang nanti CPNS ini diharapkan sudah melaksanakan tugas tanggal 20 Februari," kata Sekretaris Daerah Bantul Helmi Jamharis usai menyerahkan SK CPNS kepada 552 orang di Bantul, Senin.

Menurut dia, diberikannya waktu bagi ratusan CPNS untuk mulai bekerja pada 20 Februari itu karena sebagian dari mereka yang lolos seleksi CPNS Formasi 2018 ini bekerja sebagai tenaga honorer atau kontrak.

"Ada durasi waktu sejak dari penyerahan sampai 20 Februari, sehingga kita berikan kelonggaran waktu ini agar bisa selesaikan administrasi di tempat (bekerja) yang lama," katanya.

Helmi mengatakan, setelah pada 20 Februari masuk ke organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing sesuai formasi atau kompetensinya, maka pada 25 Februari semua CPNS akan mulai mengikuti tahapan prajabatan.

"Tentu secara bertahap akan dilaksanakan pra jabatan, harapan kami dengan adanya 552 CPNS yang ada di Bantul ini bisa menambah kekuatan kebutuhan khususnya pelayanan kepada masyarakat," katanya.

"Bahkan, yang lebih khusus lagi di bidang pendidikan dan kesehatan yang selama ini kita merasakan banyak sekali kekurangan guru dan kekurangan tenaga kesehatan," katanya.

Helmi mengharapkan, kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) atau CPNS dapat bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan, tugas pokok fungsi (tupoksi) masing-masing dan menjaga integritas moralitas.

"Jangan sampai terlibat hal-hal yang tidak diinginkan, melanggar ketentuan, terlebih lagi menyangkut keterlibatan di bidang narkoba, jangan sampai terlibat narkoba karena itu kesalahan yang tentu akan dihentikan ketika mereka terlibat," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Bantul Danu Suswaryanta mengatakan, 552 orang penerima SK pengangkatan CPNS itu dari sisi kelompok jabatan meliputi 340 tenaga pendidikan, 157 tenaga kesehatan dan 55 tenaga teknis.

Sedangkan jika dilihat berdasarkan jenis formasi, kata dia terdiri formasi dari umum sebanyak 532 orang, dari cumlaude (lulusan terbaik) 13 orang, disabilitas empat orang dan formasi dari honorer kategori 2 (K-2) berjumlah tiga orang.

"Masa percobaan sebagai CPNS dilaksanakan selama satu tahun. Dan dalam rangka membangun integritas moral, kejujuran, semangat nasionalisme dan kebangsaan serta memperkuat profesionalisme dan kompetensi, semua CPNS wajib mengikuti orientasi dan pelatihan dasar," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar