Seribuan mahasiswa di DIY sudah mengurus formulir A5

id Kpu,Yogyakarta,Formulir A5

Sejumlah mahasiswa antusias mengisi formulir A5 di Posko Pelayanan Pindah Memilih yang dibuka KPU di Kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Selasa (12/2). (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta Hamdan Kurniawan menyebutkan hingga saat ini sudah ada seribuan mahasiswa dari luar daerah yang telah mengurus formulir A5 atau surat keterangan pindah memilih di Yogyakarta.

"Laporan sampai minggu kemarin ada 1.000  mahasiswa (telah mengurus A5). Itu baru di Sleman, belum yang ada di Kota Yogyakarta dan Bantul," kata Hamdan di sela acara "KPU Goes to Campus" di Universitas Atma Jaya Yogakarta, Selasa.

Menurut Hamdan, KPU telah mendirikan posko pelayanan formulir A5 di sejumlah kampus di DIY untuk memudahkan para mahasiswa mengurus persyaratan agar tetap bisa menggunakan hak suaranya di Yogyakarta pada Pemilu 2019.

"Sebenarnya teman-teman mahasiswa bisa datang ke KPU tetapi kami ingin mendekatkan pelayanan sehingga kamilah yang datang ke kampus-kampus," kata Hamdan.

Melalui rangkaian "KPU Goes to Campus" yang ditargetkan selesai pada 15 Februari 2019, Hamdan berharap KPU DIY telah nemiliki data  mahasiswa yang telah mengurus formulir A5 secara menyeluruh. Data itu nantinya akan diplenokan di KPU DIY dan dilaporkan ke KPU pusat.

"Jadi kami harapkan sampai pertengahan Februari, paling tidak 15 Februari nanti kami sudah punya datanya. Ini akan menjadi dasar bagi kami untuk mendistribusikan surat suara secara lebih mudah," kata dia.

Selain melakukan upaya jemput bola ke kampus-kampus, menurut Hamdan, pihanya juga telah meminta bantuan pihak kampus untuk menyosialisasikan prosedur pengurusan A5. Informasi itu bisa disampaikan secara langsung kepada mahasiswa serta bisa dilakukan melalui laman resmi masing-masing kampus.

"Memang kami minta dibantu pihak-pihak kampus karena saat ini teman-teman mahasiswa baru masa pengisian KRS (kartu rencana studi) pada masa kuliah awal jadi melalui portal website masing-masing kampus para mahasiswa bisa sekaligus melihat prosedur serta kapan ada pelayanan formulir A5," kata dia.

Acara "KPU Goes to Campus" pertama kali digelar KPU DIY bersama KPU Kabupaten/kota pada 4 Februari 2019 di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang kemudian dilanjutkan ke kampus-kampus lain di DIY secara bergantian sampai pertengahan Februari mendatang.

Selain menyampaikan informasi tentang pemilu, melalui "KPU Goes to Campus" KPU juga mendirikan posko pelayanan surat pindah memilih (formulir A5) bagi mahasiswa dari luar daerah.
       
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar