KPU Yogyakarta pastikan seluruh kotak suara laik digunakan

id kotak suara, Pemilu 2019

Kotak suara untuk Pemilu 2019 yang sudah selesai dirakit dan disimpan di gudang (Foto Antara/Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta memastikan seluruh kotak suara yang sudah dirakit dalam kondisi yang laik digunakan.

“Perakitan kotak suara sudah kami selesaikan pada Selasa (11/2) dengan total 6.996 buah kotak suara,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta Hidayat Widodo di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, ada 10 kotak suara yang berada dalam kondisi kurang sempurna, namun masih dinyatakan laik digunakan sehingga tetap disimpan di gudang dan akan didistribusikan ke wilayah untuk kebutuhan Pemilu 2019.

Hidayat mengatakan, KPU Kota Yogyakarta masih menunggu tambahan kotak suara sehingga total kotak suara di Kota Yogyakarta untuk kebutuhan Pemilu 2019 mencapai 7.145 buah.

“Begitu tambahan kotak suara datang di gudang, maka akan langsung dilakukan perakitan. Kami sudah ajukan usulan tambahan kotak suara tersebut sejak satu bulan lalu,” kata Hidayat.

Permohonan tambahan kotak suara tersebut dilakukan untuk memenuhi ketentuan peraturan, khususnya saat proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Berdasarkan aturan lama, jumlah maksimal kotak suara untuk kebutuhan rekapitulasi di PPK ditetapkan sebanyak 11 kotak, namun sesuai aturan baru bertambah menjadi maksimal 27 kotak suara.

“Di Kota Yogyakarta, kami akan gunakan 20 kotak untuk rekapitulasi di PPK sehingga perlu ada tambahan kotak suara,” katanya.

Sementara itu, seluruh kotak suara yang sudah selesai dirakit disimpan di gudang dengan pengamanan maksimal, termasuk dari serangan hama hingga air yang berpotensi merusak kotak suara meskipun kotak terbuat dari karton tahan air.

“Tumpukan kotak suara tersebut kami tutup dengan terpal dan petugas di gudang melakukan pengawasan secara terus menerus. Harapannya, kondisi kotak suara tetap aman dan bagus,” katanya.

Sedangkan untuk kebutuhan logistik lain, khususnya surat suara, sampai saat ini belum diterima oleh KPU Kota Yogyakarta.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar