Bantul promosikan potensi pariwisata melalui lomba fotografi

id Pariwisata

Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul (pariwisata.bantulkab.go.id/)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mempromosikan potensi pariwisata daerah ini melalui kegiatan lomba fotografi bernuansa wisata bagi masyarakat umum terutama penggemar fotografi.

"Kabupaten Bantul memiliki potensi destinasi wisata baik berupa alam, budaya, kesenian, kerajinan maupun aktifitas masyarakat. Potensi ini perlu didokumentasikan dalam bentuk foto," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Senin.

Menurut dia, lomba fotografi yang dibuka sejak Juni 2018 dan berakhir pada 18 Maret 2019 tersebut mengambil tema "Pesona Wisata Bantul", sehingga karya foto yang dilombakan bernuansa wisata Bantul yang diambil sejak dibuka sampai batas akhir Maret nanti.
 
Dia menjelaskan, dipilihnya lomba fotografi itu karena foto bisa digunakan sebagai sarana promosi pariwisata baik lewat pameran maupun buku potensi pariwisata yang akan dicetak dan disebarluaskan ke kalangan masyarakat umum.
 
"Dengan kegiatan fotografi itu bertujuan mendapatkan karya foto destinasi wisata Bantul untuk mendukung promosi pariwisata, selain itu sebagai wadah untuk berkreasi bagi para fotografer," kata Kwintarto.

Dia mengatakan, tiap peserta boleh mengirimkan maksimal lima karya sendiri yang berbeda, karya harus digital dan berwarna, dan tidak sedang diikutkan dalam lomba sejenis dan belum pernah menjadi juara dan belum pernah dipublikasikan.

 "Karya yang diikutkan tidak boleh berbau politis. Dan karya yang masuk menjadi hak pemerintah kabupaten untuk digunakan sebagai materi promosi pariwisata atau lainnya dengan mencantumkan nama fotografer," katanya.
 
 Menurut dia, akan diambil enam foto terbaik sebagai juara 1,2,3 dan juara harapan 1,2, 3 dan 19 foto pilihan. Juara I mendapat hadiah Rp4 juta, juara II Rp3 juta, juara III Rp2,5 juta. Juara harapan I Rp2 juta, harapan II Rp1,5 juta, juara harapan III mendapat Rp1,25 juta.
 
 "Sedangkan 19 foto pilihan masing-masing mendapat Rp250.000. Semua karya juara dan foto pilihan akan dipigura dan dipamerkan dalam pameran karya foto di Tembi Rumah Budaya pada 23 Maret sekaligus penyerahan hadiah kepada para juara," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar