Bantuan keuangan untuk parpol diterimakan dua tahap

id Bantuan keuangan, partai politik

Pemda Kota Yogyakarta (Foto Antara /Mawarudin/ags/14)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Bantuan keuangan untuk partai politik di Kota Yogyakarta pada tahun ini akan diterimakan dalam dua tahap yaitu sebelum pelaksanaan Pemilu 2019 dan seusai pemilihan umum.



 “Seperti tahun lalu, bantuan dana ini hanya diperuntukkan bagi partai politik yang memiliki kursi di lembaga legislatif, yaitu DPRD Kota Yogyakarta,” kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Kota Yogyakarta Zenni Lingga di Yogyakarta, Senin.



Di Kota Yogyakarta terdapat delapan partai politik yang akan memperoleh bantuan keuangan yaitu PDIP, PAN, Gerindra, PKS, Nasdem, Partai Demokrat, Golkar dan PPP.



Bantuan keuangan yang diperoleh setiap partai politik berbeda karena disesuaikan dengan jumlah suara yang diperoleh partai politik tersebut berdasarkan hasil Pemilu Legislatif 2014. Pada tahun lalu, nilai bantuan yang diberikan untuk satu suara yaitu Rp3.446.



 “Dimungkinkan nilai bantuan untuk satu suara tetap sama. Tinggal dikalikan saja dengan jumlah suara yang diperoleh partai politik,” katanya yang juga menyebut perolehan suara pada Pemilu 2014 menjadi dasar pemberian bantuan keuangan tahap pertama.



Sedangkan syarat bagi partai politik untuk bisa mencairkan bantuan adalah telah memberikan laporan pertangggungjawaban penggunaan bantuan keuangan tahun sebelumnya yang lolos audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Zenni menyebut, seluruh partai politik sudah menyampaikan laporan tersebut ke Pemerintah Kota Yogyakarta.



“Semuanya sudah menyampaikan laporan pertanggungjawaban. Kami berusaha tertib administrasi yaitu maksimal satu bulan setelah tutup anggaran, laporanan harus diserahkan,” katanya.



Sedangkan untuk pemberian bantuan tahap kedua didasarkan pada suara yang akan diperoleh partai politik pada Pemilu 2019. 



 Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan Kantor Kesatuan Bangsa Kota Yogyakarta Hani Aperawati mengatakan, masih akan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait pencairan bantuan keuangan termasuk penghitungan bantuan yang akan diserahkan.



 “Kami akan koordinasikan dulu untuk bantuan tahap pertama. Pasti ada aturan penghitungannya. Dimungkinkan, bantuan tidak akan diberikan secara penuh. Yang pasti, tahun ini bantuan diberikan dua tahap,” katanya.



Bantuan keuangan partai politik tersebut selanjutnya dapat dipergunakan untuk mendukung kebutuhan pendidikan politik yang dilaksanakan oleh tiap parpol. 



 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar