Wabup dorong pengembangan sektor ekonomi di lokasi perdesaan

id Wabup Bantul

Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih (Foto Antara/Hery Sidik) (Foto Antara/Hery Sidik/)

 Bantul (Antaranews Jogja) - Wakil Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Abdul Halim Muslih mendorong pengembangan sektor ekonomi di lokasi perdesaan maupun lokasi yang jauh dari perkotaan untuk kemandirian masyarakat desa setempat.
     
"Sekarang ini paradigma sudah bergeser, jangan perdulikan lokasi, kalau dulu orang akan menjalankan usaha perekonomian itu mempertimbangan lokasi, tapi sekarang tidak," kata Wabup di Bantul, Senin. 
     
Wabup mengatakan, sebab dengan bantuan teknologi informasi masalah lokasi itu menjadi tidak signifikan, sehingga meskipun pengembangan sektor ekonomi di lokasi perdesaan tetap bisa tumbuh berkembang asal ada kreatifitas masyarakat. 
       
Wabup mencontohkan, usaha kuliner khas Bantul yaitu bakmi Mbah Mo dan kuliner ingkung di wilayah Pajangan sekalipun tempatnya tersembunyi jauh dari pusat kabupaten tetap diburu orang, bahkan usahanya berkembang. 
     
"Apalagi bengkel industri hampir semua ada di desa, oleh karena itu desa sekalipun lokasi berada di pedalaman ini tidak menjadi hambatan bagi kita untuk mengembangkan sektor ekonomi," katanya. 
       
Wabup juga mengatakan, karang taruna yang menjadi wadah atau lembaga pemuda-pemudi yang tersebar di seluruh Bantul, baik di kecamatan dan desa diharapkan dapat membangun kreatifitas dalam rangka menumbuhkan sektor ekonomi wilayah perdesaan.
       
"Karena saya percaya kreatifitas itu saat ini dipegang oleh anak muda, jangan harapkan orang tua-orang tua untuk kreatif, itu tidak mungkin," katanya.
     
"Saya percaya karang taruna sebagai tempat berhimpunnya pemuda pelopor dan pemuda kreatif mampu mendorong petumbuhan ekonomi dan kemandirian desa di desanya masing-masing," katanya.
     
Selain sektor ekonomi, Wabup juga mendorong pemuda memiliki inisiatif untuk mengembangkan potensi desa, salah satunya wisata desa. Seperti desa wisata yang tumbuh dan berkembang di wilayah Dlingo dan Sedayu itu digerakkan oleh kreatifitas para pemuda.
     
"Karena itu kreatifitas para pemuda dan pemudi ini harus kita dorong untuk menggerakkan bangkitan pariwisata, karena saat ini pariwisata dan saya kira untuk beberapa tahun ke depan sektor pariwisata trennya masih akan terus meningkat," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar