DPK Sleman kenalkan literasi sejak anak usia dini

id Lomba mewarnai

DPK Sleman kenalkan literasi sejak anak usia dini

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mendongeng dihadapan anak-anak yang mengikuti lomba mewarnai tingkat TK se-Kabupten Sleman. (Foto Antara/Humas Sleman)

Sleman (Antaranews Jogja) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar lomba mewarnai tingkat TK se-Kabupten Sleman guna mengenalkan literasi sejak anak usia dini dan melatih kesiapan anak dalam membaca pada usia dini, Selasa.
     
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman Ayu Laksmi Dewi Tri Astika Putri mengatakan lomba mewarnai ini dimaksudkan untuk melatih kesiapan anak anak dalam membaca pada usia dini dengan cara yang sangat menyenangkan.
     
"Melatih anak untuk belajar membaca dengan tidak dipaksa tetapi menjadi suasana yang menyenangkan melalui kegiatan seni mewarnai yang memberikan manfaat kepada anak-anak untuk mengenal literasi sebelum usia sekolah dasar," katanya.
     
Menurut dia, sebanyak 204 siswa Taman Kanak-Kanak dari 17 Kecamatan di wilayah Kabupaten Sleman, turut mengikuti kegiatan lomba mewarnai yang diselenggarakan di Desa Wisata Puri Mataram Sleman ini.
     
"Dalam kegiatan ini juga sekaligus kami ingin mensosialisasikan layanan perpusatakaan dalam upaya mewujudkan 'from smart library to smart regency' menuju masyarakat Sleman cerdas di 2021," katanya.
     
Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang membuka lomba mewarnai tersebut mengatakan tujuan kegiatan ini mewujudkan anak Sleman yang smart dan cerdas ini selaras dengan visi Kabupaten Sleman ingin menjadikan Kabupaten Sleman menjadi Kabupaten yang cerdas sehingga semua unsur yang ada di Sleman semuanya cerdas.
     
Dalam kegiatan tersebut Sri Muslimatun mengawali penyelenggaraan acara dengan mendongeng di hadapan 204 anak.
     
Melalui dongeng tersebut, Sri Muslimatun menyampaikan dan memberikan pemahaman kepada anak-anak dan orang tua yang hadir terkait literasi serta konsumi yang sehat bagi anak.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar