Leeds dijatuhi hukuman oleh Liga Sepak Bola Inggris

id Leeds

Leeds dijatuhi hukuman oleh Liga Sepak Bola Inggris

Liga Chammpions. ((uefa.com)) ((uefa.com)/)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Klub Inggris Leeds United dijatuhi hukuman denda dan ditegur oleh Liga Sepak Bola Inggris (EFL),  Senin (Selasa WIB) karena melakukan kegiatan "mata-mata" terhadap klub lawan.

Marcelo Bielsa, pelatih Leeds asal Argentina, bulan lalu mengakui bahwa stafnya telah mengintip sesi latihan seluruh klub lawan sepanjang musim kompetisi tahun ini, setelah seorang mata-mata diusir dari markas latihan klub Derby Country,  beberapa hari menjelang pertandingan.

Setelah pertandingan yang berakhir dengan kekalahan 0-2 Derby di Elland Road, EFL kemudian mengadakan investigasi terhadap insiden tersebut,   yang oleh pelatih Derby, Frank Lampard digambarkan sebagai "tidak etis".

"Klub (Leeds) didenda 200.000 pound dan menerima surat teguran secara formal dan peringatan bahwa klub telah melakujkan hal yang tidak sesuai dengan standar EFL dan agar tidak mengulangi lagi perbuatan tersebut," demikian pernyataan EFL.

"Selain itu, Leeds United juga setujuuntuk mendukung Regulasi EFL yang baru bahwa klub dilarang menyaksikan latihan lawan dalam waktu 72 jam sebelum pertandingan."

Leeds, yang pernah menjadi klu elit Liga Utama Inggris dengan meraih gelar juara Piala FA dan Piala Liga, sudah menyampaikan permintaan maaf kepada pihak klub Derby.