KPU Bantul targetkan perakitan kotak suara selesai akhir Februari

id Perakitan kotak suara

KPU Bantul targetkan perakitan kotak suara selesai akhir Februari

Perakitan kotak suara Pemilu di gudang KPU Bantul (Foto Antara/Hery Sidik) (Foto Antara/Hery Sidik/)

Bantul (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan perakitan kotak suara untuk semua jenis pemilihan pada Pemilu serentak 2019 selesai akhir Februari. 
     
"Proses perakitan kotak suara seluruhnya sesuai tahapan paling tidak selama 14 hari, sehingga pada akhir Februari nanti semua harus sudah selesai," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Rabu. 
     
Menurut dia, proses perakitan kotak suara sudah dimulai pada 13 Februari lalu, yang diawali dengan kotak untuk surat suara pemilihan anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) sebanyak 3.040 kotak sesuai jumlah tempat pemungutan suara (TPS).
       
Selanjutnya proses perakitan kotak suara untuk pemilihan calon presiden dan wakil presiden, kotak suara untuk DPR RI, kotak suara untuk pemilihan anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan kotak suara DPRD provinsi.
       
Didik mengatakan, jumlah kotak suara yang dibutuhkan untuk tiap jenis pemilihan masing-masing satu tiap TPS, sehingga kebutuhan kotak suara di TPS sebanyak lima, dengan demikian kotak suara yang dibutuhkan KPU untuk fasilitasi di sebanyak 3.040 TPS sebanyak 15.200 kotak. 
     
"Setelah semua kotak suara selesai dirakit, pada awal Maret sudah pada Sortir dan lipat surat suara dan formulir. Saat ini logistik yang belum diterima yaitu surat suara dan formulir baik untuk hitung suara di TPS maupun rekap di PPK," katanya. 
       
Didik mengatakan, dalam proses perakitan kotak suara Pemilu 2019 yang terbuat dari karton sejauh ini tidak mengalami kesulitan atau kendala, hanya butuh kehati-hatian. KPU melibatkan sebanyak 10 tenaga perakitan kotak suara yang sudah berpengalaman.
       
"Kalau kesulitan tidak, hanya kami menekankan hati-hati karena sudah ada semacam lubang tinggal ngancing, satu orang (merakit kotak) rata-rata butuh waktu selama dua menit, setelah dirangkai kemudian diplastik," katanya.
       
Dia mengatakan, sejauh ini dalam proses perakitan kotak suara tidak ditemukan ada yang mengalami kerusakan. Hanya saya KPU Bantul sempat menerima puluhan kotak suara yang sudah rusak karena faktor pengiriman dan sudah diusulkan penggantian. 
     
"Kalau ada yang rusak mekanismenya kita laporkan, dan sejauh ini belum ditemukan, tetapi harapannya sesuai kotak suara jumlahnya sesuai yang dikirimkan pusat baik semua," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024