KPU Bantul distribusikan kotak suara tiga hari jelang Pemilu

id KPU Bantul

KPU Bantul distribusikan kotak suara tiga hari jelang Pemilu

Kantor KPU Bantul (Foto Antara/Hery Sidik)

     Bantul (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta berencana mendistribusikan kotak suara maupun logistik Pemilu ke semua Tempat Pemungutan Suara pada tiga hari menjelang pemungutan suara 17 April 2019.

"Karena ini (kotak suara) jumlahnya banyak, kita merencanakan distribusi itu dalam tiga hari, kalau biasanya (tahun 2014) selama dua hari, namun simulasi kita selama tiga hari," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Jumat.

Menurut dia, dengan demikian kotak suara yang jumlahnya sebanyak 15.200 kotak untuk lima jenis pemilihan pada Pemilu serentak 2019 mulai didistribusikan pada 14 April sehingga targetnya hingga 16 April nanti sudah terdistribusikan ke semua TPS. 
 
Jumlah TPS yang disiapkan KPU Bantul untuk Pemilu 2019 sebanyak 3.040 tempat tersebar di seluruh 75 desa, setiap TPS akan mendapatkan lima kotak suara masing-masing kotak suara pemilihan anggota DPRD kabupaten, DPRD provinsi, DPR, DPD dan presiden wakil presiden.
 
"Pertimbangan kita (distribusi dalam tiga hari) karena dua hal, yang pertama jumlah TPS pemilu 2019 yang meningkat signifikan, kalau pemilu 2014 itu sebanyak 2.293 TPS, namun yang sekarang sebanyak 3.040 TPS," katanya. 

Didik mengatakan, faktor yang kedua adalah jumlah kotak suara yang juga bertambah akibat pelaksanaan pemilu serentak, sehingga kondisi ini berpengaruh terhadap proses pengangkutan melalui transportasi darat. 

"Kalau dulu dalam sehari untuk distribusi kotak suara cukup memakai empat armada sekarang harus menerjunkan lima armada, jadi kita estimasikan selama tiga hari, lebih lama dari tahun lalu," katanya. 

"Selain itu kita memberikan kesempatan juga kalau tiga yang hari terakhir biar tidak 'kemrungsung' (terburu-buru) tidak sampai malam untuk mengantar kotak suara ke TPS-nya itu," katanya.
 
Ia mengatakan, saat ini tahapan yang sedang dilakukan KPU adalah perakitan kotak suara di empat gudang. Tahapan ini diupayakan selesai pada akhir Februari untuk kemudian memulai tahapan sortir dan lipat surat suara.
 
"Proses sortir dan lipat surat suara di lokasi gudang masing-masing, pasca itu packing surat suara ke kotak suara juga dilakukan di gudang, kemudian distribusi. Distribusi ini dilakukan dari gudang masing-masing," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar