Gudang KPU Sleman tidak cukup menampung logistik pemilu

id Kotak suara

Kotak suara yang selesai dirakit disimpan di gudang KPU Kabupaten Sleman. (Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto)



Sleman  (Antaranews Jogja) - Gudang milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta tidak cukup untuk menampung seluruh logistik Pemilu 2019 sehingga lembaga penyelenggara pemilu ini berencana meminjam ruangan di Gedung Kesenian Sleman.

     

"Kami berencana meminjam Gedung Kesenian Sleman sebagai tambahan ruang penyimpanan, karena kapasitas gudang tidak mencukupi untuk menampung seluruh kotak suara dan logistik lainnya," kata Komisioner KPU Sleman Divisi Teknis Penyelenggara Aswino Wardhana di Sleman, Jumat.

     

Menurut dia, selain untuk menyimpan kotak suara, nantinya ruangan di Gedung Kesenian Sleman juga akan digunakan untuk proses pelipatan surat suara.

     

"Sebagian kotak suara yang tidak tertampung di gudang KPU kami simpan di gedung kesenian, nantinya proses pelipatan surat suara dan penyimpanan logistik lainnya juga di sana," katanya.

     

Ia mengatakan, pihaknya juga melakukan perawatan khusus untuk kotak suara yang sudah selesai dirakit untuk menjaga kondisi kotak suara agar tetap laik hingga pelaksanaan Pemilu 2019.

     

"Beberapa langkah perawatan yang kami lakukan yakni dengan membungkus per unit dengan plastik, lalu disemprot dengan cairan antirayap," katanya.

   

 "Kemudian tumpukan kotak suara dialasi dengan pallet kayu, sehingga ada jarak antara lantai. Ini untuk mencegah kondisi lembab pada kotak suara berbahan kardus duplex tersebut," katanya.

     

Aswino juga mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap ruang penyimpanan di gudang KPU Sleman.

     "Bagian ruangan yang rusak atau genteng bocor kami perbaiki juga, demi menjaga kondisi kotak suara tetap dalam keadaan baik," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar