Minions dan Ginting absen di Kejuaraan Asia Beregu

id Bulutangkis, kejuaraan beregu Asia

Minions dan Ginting absen di Kejuaraan Asia Beregu

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian (kanan) dan Muhammad Rian Ardianto. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Tim bulu tangkis Indonesia memastikan ikut serta dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2019 yang akan berlangsung di Hong Kong pada 19-24 Maret, namun tidak akan diperkuat sejumlah pemain unggulan seperti Anthony Ginting dan ganda Minions.

Komposisi pemain Indonesia yang akan turun dalam kejuaraan beregu dengan format Piala Sudirman itu antara lain Ihsan Maulana Mustofa dan Shesar Hiren Rhustavito di tunggal putra, sedangkan untuk tunggal putri diperkuat Fitriani dan Ruselli Hartawan.

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Sabar Kayawan Gutama/Frengky Wijaya Putra akan mewakili Indonesia pada partai ganda putra.

Di partai ganda putri, Indonesia menurunkan dua pasangan yaitu Rizki Amelia Pradipta/Ni Ketut Mahadewi Istarani, dan Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah.

Terakhir, pasangan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow dan Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami akan turun pada partai ganda campuran.

Sedangkan sejumlah atlet utama seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Gregoria Mariska, pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, ganda Greysia Polii/Apriyani Rahayu, ataupun pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja tidak akan turun pada kejuaraan beregu Asia 2019 itu.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Susy Susanti mengatakan pemain unggulan seperti ganda Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon harus selektif untuk mengikuti turnamen.

"Kami menjaga kondisi mereka karena tentu mereka akan jadi sasaran bagi lawan-lawan. Kami ingin puncak penampilan Kevin/Marcus pada Olimpiade sehingga kami tidak mengirim mereka ke semua turnamen," kata Susy.

Pada kejuaraan beregu tingkat Asia pada 2017 dengan format Piala Sudirman, tim Indonesia mencapai putaran perempat final dan kalah dari tim Jepang 2-3.

Tim Indonesia pada 2017 terdiri atas delapan atlet putra yaitu Firman Abdul Kholik, Muhammad Bayu Pangisthu, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira, Ade Yusuf, Angga Pratama, Ricky Karanda Suwardi, Edi Subaktiar, serta Alfian Eko Prasetya.

Kemudian delapan atlet putri pada kejuaraan beregu Asia 2017 antara lain Gregoria Mariska, Hanna Ramadini, Ni Ketut Mahadewi Istarani, Anggia Shitta Awanda, Tiara Rosalia Nuraidah, Rizki Amelia Pradipta, Annisa Saufika, serta Gloria Emanuelle Widjaja.