KPU Yogyakarta siapkan 100 tenaga sortir dan lipat surat suara

id Surat suara, pelipatan

KPU Yogyakarta siapkan 100 tenaga sortir dan lipat surat suara

Rekapitulasi Surat Suara Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta melakukan rekapitulasi surat suara Pilkada 2017 hari pertama di KPU Kota Yogyakarta, Senin (22/2).Saat rekapitulasi surat suara Pilkada 2017 hari pertama itu berlangsung, ratusan masa dari PDIP melakukan aksi demonstrasi di depan kantor KPU dan menuntut KPU Yogyakarta agar objektif dan membuka surat suara tidak sah yang jumlahnya mencapai 14 ribu suara. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/17.

Yogyakarta (ANTARA) - Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta menyiapkan 100 tenaga untuk menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2019, dan dimungkinkan jumlahnya bertambah untuk memastikan seluruh surat suara selesai terlipat pada waktunya.

“Kami siapkan sekitar 100 tenaga penyortir dan pelipat. Jumlah tersebut menyesuaikan kapasitas gudang yang masih tersisa,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Hidayat Widodo di Yogyakarta, Rabu.

Berdasarkan jadwal dari KPU RI, logistik surat suara Pemilu 2019 untuk Kota Yogyakarta baru akan didistribusikan dari percetakan pada 23-25 Maret. KPU Kota Yogyakarta pun belum mengetahui apakah surat suara akan diterimakan secara langsung atau bertahap.

“Di daerah lain memang sudah ada yang mulai menerima surat suara. Yogyakarta termasuk yang akhir karena dimungkinkan medannya tidak terlalu berat dan semua wilauah bisa diakses dengan mudah. Tidak seperti daerah lain yang memiliki medan lebih sulit,” katanya.

Meskipun sudah mendapat jadwal distribusi surat suara dari KPU RI, namun Hidayat tetap berharap agar surat suara dapat diterimakan lebih cepat sehingga waktu untuk melakukan penyortiran dan pelipatan suara lebih lama.

“Selain datang lebih cepat dari jadwal, kami pun berharap agar surat suara tidak disampaikan secara bertahap tetapi diberikan sekaligus untuk lima jenis surat suara,” katanya.

Meskipun demikian, Hidayat tetap optimistis jika proses penyortiran dan pelipatan surat suara tetap dapat diselesaikan tepat waktu. Jumlah surat suara yang harus dilipat diperkirakan mencapai sekitar 1,5 juta lembar sudah termasuk surat suara cadangan dua persen.

“Pada hari pertama pelipatan, kami memang akan menyiapkan 100 tenaga. Nanti akan kami evaluasi sejauh mana para petugas dapat menyelesaikan tugasnya dalam satu hari. Jika dibutuhkan tenaga tambahan, maka kami akan siapkan,” katanya.

KPU Kota Yogyakarta sudah berkoordinasi dengan Penitia Pemilih Kecamatan (PPK) untuk menyiapkan tenaga penyortir dan pelipat surat suara. Petugas harus memenuhi sejumlah persyaratan yaitu netral dan tidak tergabung dengan partai politik manapun, berusia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun.

Selain itu, Hidayat juga behrarap kualitas surat suara yang diterima dalam kondisi yang baik sehingga tidak perlu ditukar dengan surat suara lain. “Jika harus menukar dengan surat suara baru, maka membutuhkan tambahan waktu,” katanya. 

 

 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024