Aplikasi "Cari Aku" mudahkan wisatawan temukan UMKM Sleman

id Disperindag Sleman

Kepala Disperindag Kabupaten Sleman Tri Endah Yitnani (kiri), bersama Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun (kanan). (Foto Antara/Humas Sleman)

Sleman, Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan aplikasi "Satu Data" dan "Cari Aku" untuk memudahkan wisatawan mencari dan menemukan lokasi usaha mikro kecil  dan menengah di Kabupaten Sleman.

"Melalui aplikasi 'Satu Data', masyarakat dapat mengakses informasi UMKM yang tersebar di Kabupaten Sleman dengan berbagai kategori mulai dari masing-masing bidang hingga tahun terbentuknya UMKM tersebut," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman Tri Endah Yitnani di Sleman, Kamis.

Menurut dia, selain itu melalui informasi di aplikasi "Satu Data" tersebut, Disperindag Kabupaten Sleman dapat memantau perkembangan UMKM. Sedangkan aplikasi "Cari Aku" yang dapat diunduh melalui smartphone tersebut diperuntukkan bagi para wisatawan yang ingin memperoleh informasi lokasi UMKM yang ingin dicari.

Kategori UMKM yang terdapat dalam pencarian aplikasi tersebut yakni, makanan, fesyen, kerajinan, dan furnitur. "Misalnya wisatawan ingin membeli kain batik dan oleh-oleh khas Sleman di sekitarabandara, akan muncul beberapa UMKM yang dekat dengan lokasi di map," katanya.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun berharap aplikasi tersebut mampu mempermudah masyarakat. dan masyarakat dapat merasakan efek dari inovasi tersebut.

"Kita memiliki aplikasi yang sangat berguna, saya harap aplikasi ini terus dikaji dan diterapkan di seluruh OPD, harapannya tentu untuk memberikan pelayanan yang efisien dan efektif kepada masyarakat, serta  OPD dapat mempermudah dalam hal ketugasan," katanya.***1***


 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar