Dishub rencanakan membuat kantong parkir sepanjang jalan protokol

id Jalan protokol Bantul

Dishub rencanakan membuat kantong parkir sepanjang jalan protokol

Jalan Protokol di Jalan Sudirman Bantul, DIY (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, merencanakan membuat kantong parkir di sepanjang Jalan Sudirman guna mendukung kegiatan usaha di kawasan jalan protokol tersebut. 

"Ke depan kita memang merencanakan membuat kantong parkir di sepanjang jalan protokol terutama di seputaran sekitar Pasar Bantul," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Aris Suharyanto di Bantul, Jumat.

Rencana pembuatan kantong-kantong parkir kendaraan di jalan protokol yang baru diresmikan operasionalnya pada 2018 itu guna mengakomodir kendaraan milik masyarakat yang berkunjung ke kawasan pusat kabupaten itu. 

Selain itu, kata dia, guna menata kegiatan penyelenggaraan parkir di jalan protokol itu agar nantinya parkir-parkir yang ada di daerah itu makin tertata dan tidak mengganggu arus lalu lintas kendaraan. 

"Untuk waktunya belum, kita baru akan komunikasi dengan teman-teman yang mengurusi parkir, untuk kemudian baru memantau lokasi di situ, kemungkinan nanti pakai lahan kas," katanya. 

Aris mengatakan, selama ini kegiatan parkir kendaraan di jalan protokol tersebut masih bersifat insidentil di saat ada event atau kegiatan tiap Minggu pagi seperti 'car free day' yang terpusat di depan pasar tradisional Bantul. 

"Kita secara spontan saat 'car free day' itu membuka (tempat parkir) di sepanjang jalan keluar dari jalur protokol dengan kampung-kampung setempat, setelah itu kita tutup lagi," katanya. 

Sementara itu, berkaitan dengan kegiatan parkir di jalan protokol itu, Aris mengakui ada beberapa titik yang dinilai tidak berizin, karena memanfaatkan lahan milik pemerintah yaitu di bahu jalan terutama Kantor Pos ke selatan.

"Sudah ada beberapa kali koordinasi dengan pihak terkait parkir di selatan kantor pos terutama yang di timur jalan dan sudah ada kesepakatan juga (ditata), karena di situ akan sangat menggangu ketika ada yang parkir," katanya.***1***
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024