Puluhan pohon di Bantul tumbang akibat hujan deras

id Pohon tumbang

Puluhan pohon di Bantul tumbang akibat hujan deras

Ilustrasi, pohon tumbang (Foto Antara)

Bantul (ANTARA) - Bantul (Antaranews Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat sedikitnya ada 20 pohon tumbang akibat hujan deras yang mengguyur daerah ini pada Jumat (1/3) sejak siang hingga sore. 

"Total pohon yang tumbang ada 20 pohon, ini masih data sementara," kata Manajer Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Aka Luk Luk saat dikonfirmasi di Bantul, Jumat petang.

Menurut dia, berdasarkan data kejadian pohon tumbang yang masuk ke instansinya sampai Jumat petang ini, puluhan pohon tumbang tersebut tersebar di 14 titik di tiga kecamatan dengan kejadian terbanyak di Banguntapan, kemudian Kasihan dan Piyungan. 

Di Kecamatan Banguntapan terjadi pohon tumbang di delapan titik dengan dampak terparah di wilayah Wonocatur, sementara di wilayah Kasihan terjadi di wilayah Desa Ngestiharjo dan Bangunjiwo, sedangkan di Piyungan kejadian pohon tumbang di wilayah Desa Srimulyo. 

"Pohon tumbang menimpa rumah, jaringan listrik, kabel telepon dan sekolah. Selain itu di beberapa titik pohon tumbang jatuh menimpa akses jalan," katanya. 

Bahkan, di wilayah Kecamatan Banguntapan dilaporkan pohon tumbang menimpa beberapa rumah di komplek Perumahan AAU hingga rusak, selain itu juga menimpa dua unit mobil yang sedang terparkir di halaman RS Hardjolukito. 

Namun demikian, kata dia, akibat kejadian pohon tumbang tersebut hingga petang ini tidak dilaporkan ada korban jiwa."Untuk korban jiwa, sementara ini tidak ada, mudah-mudahan nihil," katanya. 

Berdasarkan laporan, kejadian pohon tumbang tersebut rata-rata terjadi pada pukul 14.15 WIB atau saat hujan deras yang disertai angin kencang. Selain di wilayah Bantul, kejadian pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di wilayah Kota Yogyakarta dan Sleman.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024