Puluhan seniman Yogyakarta sampaikan dukungan untuk GKR Hemas

id Seniman,Hemas

Puluhan seniman Yogyakarta sampaikan dukungan untuk GKR Hemas

Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan GKR Hemas menerima kunjungan para seniman Yogyakarta di Keraton Kilen, Jumat (1/3) sore. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Puluhan seniman di Daerah Istimewa Yogyakarta mendatangi Keraton Kilen Yogyakarta, Jumat sore, untuk menyampaikan dukungan kepada Gusti Kanjeng Ratu Hemas maju kembali menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Periode 2019-2024.

Dukungan para seniman Yogyakarta itu disampaikan melalui acara yang mereka sebut dengan "Pisowanan Seniman 1 Maret 2019". Sejumlah seniman senior yang tampak hadir antara lain pelawak Yati Pesek serta Marwoto.

"Sowan kami ke sini bersama teman-teman seniman mau menyampaikan dukungan kepada Ibu Ratu (GKR Hemas) kembali duduk di DPD RI," kata Yati Pesek.

Sementara itu, Marwoto menilai GKR Hemas sangat memahami karakter masyarakat, khususnya para seniman di Yogyakarta. "Beliau sudah lama ngemong masyarakat Ngayogyakarta Hadiningrat," kata Marwoto yang juga seniman ketoprak senior asal Yogyakarta ini.

Menurut Marwoto, GKR Hemas sigap dan tidak berbelit-belit dalam merespons berbagai persoalan dan keluhan yang dihadapi para seniman Yogyakarta.

"Kalau ada apa-apa beliau sangat familiar misal ada keluhan tidak terlalu berbelit-belit asal kita mau menyampaikan dulu masalahnya apa," kata dia.

GKR Hemas mengapresiasi inisiatif dukungan dari para seniman di Yogyakarta. Dengan duduk kembali di DPD RI, Hemas mengaku memiliki tugas untuk memperjuangkan kesejahteraan dan kemajuan para seniman di Kota Gudeg.

"Saya punya tugas tetap memperjuangkan seniman di Yogyakarta," kata Hemas didampingi Gubenur DIY Sri Sultan HB X.

Hemas memastikan akan maju kembali pada Pemilu 2019. Namun demikian, ia ingin tidak sekadar maju sebagai anggota melainkan bisa menduduki kursi pimpinan di DPD RI.

"Saya harus meju lagi ke pimpinan (DPD) karena kalau tidak jadi pimpinan untuk 'decision' (membuat keputusan) itu susah. Saya harus punya kemampuan bergerak memperjuangkan Yogyakarta tidak sekadar jadi anggota," kata dia.

Dalam Acara Pisowanan Seniman 1 Maret 2019 itu, Pengasuh sekolah macapat Keraton Ngayogyakarta KMT Projosuwasono juga melantunkan tembang Dandhanggula Mintasih dan Sinom Tumuruningsih untuk mendoakan GKR Hemas maju sebagai Calon anggota DPD RI Periode 2019-2024.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar