ACT DIY salurkan paket pangan untuk warga Kampung Pemulung

id Kampung pemulung

ACT DIY salurkan paket pangan untuk warga Kampung Pemulung

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyalurkan 15 boks bantuan paket pangan dari Spilla Jewelry untuk warga kampung Pemulung di Desa Kledokan, Kecamatan Babarsari, Sleman, Minggu (3/2) sore. (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyalurkan 15 boks bantuan paket pangan dari Spilla Jewelry untuk warga kampung Pemulung di Desa Kledokan, Kecamatan Babarsari, Sleman, Minggu (3/2) sore.

Paket pangan yang berisi beras, minyak, gula, susu kental manis, biskuit, teh, detergen dan piring  diberikan untuk warga secara merata. 

Pada penyaluran bantuan tersebut juga melibatkan Relawan dari Komunitas Pelajar Peduli (KPP) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI).

"Ada sektiar 15 keluarga yang berprofesi sebagai pemulung di Desa Kledokan sini, profesi sahari-hari mencari rosokan atau botol bekas untuk dijual lagi ke pengepul, ya sehari ada yang dapat 30 ribu kadang 50 ribu," kata Totok, warga setempat.

Di Kampung Pemulung ini, kata dia, dihuni sekitar 50 orang yang berprofesi sebagai pemulung, dan kebanyakan rumah yang mereka huni tidak layak karena hanya beratap dan berdinding seng atau asbes bekas.

"Rata-rata pemulung disini sudah mendiami lokasi di Babarsari ini sejak dua tahun yang lalu, sebelumnya sebagian besar mereka tinggal di kampung Pemulung Blok O, terima kasih dari ACT dan Spilla yang sudah bersedia memberi bantuan di kampung sini," tambah Totok.

Di saat yang sama, Kharis Pradana koordinator pembagian bantuan paket pangan juga menyampaikan bahwa bantuan itu menjadi kewajiban lembaga kemanusiaan.

"Menjadi kewajiban untuk turut membantu mengentaskan masalah yang paling fundamental bangsa ini yaitu kemiskinan, setidaknya dengan pembagian paket pangan ini bisa bermanfaat untuk warga kampung Pemulung satu sampai dua minggu kedepan," kata Kharis.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024