KPU Bantul segera membuka pendaftaran anggota KPPS

id KPU Bantul

Kantor KPUD Bantul (Foto jogja.antaranews.com/Achmad Makhin/ags/14)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta segera membuka pendaftaran anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara Pemilu 2019 untuk semua tempat pemungutan suara di daerah ini. 

"Pengumuman (pembentukan KPPS) sudah. Kami buka pendaftaran maksimal hingga 12 Maret. Seluruh proses pendaftaran dilakukan oleh teman-teman PPS di tingkat desa," kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Selasa. 

Berkaitan dengan pembentukan KPPS, Didik mengatakan, sudah meminta panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk melakukan pendampingan kepada panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa agar bisa mempersiapkan pendaftaran maksimal 12 Maret. 

Dia mengatakan, total kebutuhan anggota KPPS di Bantul sebanyak 21.280 orang, dengan masing-masing tujuh anggota di setiap tempat pemungutan suara (TPS). Di Bantul terdapat 3.040 TPS yang tersebar di 75 desa.

"Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, masyarakat di beberapa desa di Bantul cukup antusias," katanya.

Didik mengatakan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi warga untuk mendaftar sebagai calon anggota KPPS, di antaranya melampirkan surat keterangan sehat yang diterbitkan dari rumah sakit maupun puskesmas setempat. 

"Itu bagian dari persyaratan, selain itu ada format surat pendaftaran, kemudian ada pernyataan yang memuat beberapa poin penting misalnya tidak tercatat sebagai aktifis parpol (partai politik) atau pengurus parpol dalam lima tahun terakhir," katanya. 

Syarat lain yang harus dipenuhi adalah setia kepada NKRI serta bisa membaca menulis dan berhitung. 

Terkait dengan syarat surat keterangan sehat itu, Didik mengatakan, KPU Bantul akan dibantu pemerintah daerah yang akan menggratiskan biaya pengurusannya baik di rumah sakit maupun puskesmas. 

"Kami beberapa waktu lalu berkoordinasi dengan pemda agar ada dispensasi khususnya calon KPPS yang akan mengurus surat keterangan sehat dan itu diperbolehkan Pak Bupati, sehingga calon KPPS digratiskan untuk pengurusan surat kesehatan," katanya.***2***

Pewarta : Hery Sidik
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar